by

Masyarakat Mulai Sadar Akan PSBB

Ambon, BKA- Anggota Komisi III DPRD Maluku, Hata Hehanussa, menilai, pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, semakin meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Kalau mau lihat dari kondisi ditengah-tengah masyarakat, setelah diterapkan PSBB, kelihatannya masyarakat sudah mulai sadar,” ungkap Hehanussa, kepada wartawan, Selasa (30/6).

Penilaian ini menurut dia, lantaran banyak kendaraan maupun transpotasi lain terlihat sudah cukup mematuhi aturan PSBB. Termasuk beberapa sektor usaha. Namun tidak termasuk aktivitas pasar, yang memang kondisinya masih seperti sebelumnya.

“Kalau di pasar, memang kondisinya dari dulu sudah seperti itu. Dan kalau kita dilihat disana itu, pemerintah tidak memiliki kemampuan untuk menata kondisi pasar,” ucapnya.

Meskipun berdasarkan data Covid-19 terus meningkat, kata dia, tapi dari tingkat kesadaran masyarakat untuk keluar dari kondisi ini sudah cukup baik.

“Pasti dalam minggu pertama pemberlakuan PSBB, angka Covid pasti naik. Kita harapkan, agar dalam Minggu kedua, mudah-mudahan angkanya turun. Tapi sebaliknya, jika angka tidak turun berarti pemerintah harus rubah pola,” sarannya.

Sedangkan terkait, lanjut Politisi Gerindra ini, berbagai insiden yang terjadi ditengah masyarakat selama pembelakuan PSBB di Kota Ambon, persoalan yang paling mendasar ada pada sosialisasi tentang Covid-19.

“Itu (sosialisasi) perlu diefektifkan lagi, kalau dilihat dari kesedaran masyarakat yang sudah cukup membaik,” harapnya. (RHM)

Comment