by

MBD Tunda Pemberkasan Guru Kontrak

Ambon, BKA- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menunda proses pemberkasan guru kontrak daerah, yang telah diperpanjang kerjanya tahun ini.

Penundaan pemberkasan itu dilakukan sebagai buntut dari merebaknya virus corona diberbagai wilayah di Indonesia, termasuk Maluku. Demikian ungkap Kepala Dinas (Kadis), Ferdinand Lewier, pekan kemarin.

Selain itu, penundaan pemberkasan tersebut juga didasarkan pada intruksi Bupati MBD, Benyamin Th Noach, beberapa waktu lalu, yang meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meniadakan kegiatan atau agenda untuk sementara waktu.

Apalagi kegiatan atau agenda yang melibatkan banyak orang. Hal itu penting dilakukan, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Apalagi pemberkasan ini kan pastinya melibatkan sangat banyak orang, karena mulai dari PAUD, TK, SD, dan SMP, semua harus pemberkasan. Jadi kami tidak lakukan sampai ada keputusan selanjutnya,’’ ujar Lewier.

Dia mengatakan, awalnya sejumlah guru kontrak ini telah dipanggil untuk melakukan pemberkasan di ibukota Kabupaten MBD, Tiakur. Namun karena bertepatan dengan itu juga sejumlah intruksi dari berbagai daerah dikeluarkan, termasuk Kabupaten MBD, terkait dengan pencegahan Covid-19 ini, sehingga agenda pemberkasan itu akhirnya ditunda.

Tapi penundaan itu dilakukan dengan syarat, guru kontrak yang telah diperpanjang kontrak kerjanya tetap melakukan tugas seperti biasa ditempat tugas masing-masing, sambil menunggu informasi lanjutan untuk pemberkasan.

“Mau tidak mau, ini sudah keputusan pemerintah. Jadi kita arahkan mereka untuk tidak melakukan apa-apa dulu, sampai menunggu informasi lanjutan. Kita juga sudah arahkan mereka untuk kembali bertugas ditempat tugas yang sudah tentukan, sambil tunggu informasi selanjutnya. Jadi tidak ada aktivitas yang dilakukan untuk saat ini,’’ tandasnya.(LAM)

Comment