by

Membangun Desa, Lewat Pemanfataan SDA

Ambon, BKA- Pejabat Desa Hative Besar, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Novie Laisatamu menyampaikan, pihaknya terus berupaya agar bagaimana pemanfaatan sumber daya lokal dalam mewujudkan kemampuan masyarakat untuk mampu secara mandiri, khususnya dalam bidang ekonomi.

Dikatakan, potensi yang ada di Desa Hative Besar selain potensi sumber daya alam (SDA) ada juga potensi sumber daya laut. Nmaun saat ini,pihaknya lebih memfokuskan pengembangan potensi sumber daya alam, dengan pemanfaatan lahan subur.

“Untuk saat ini pemerintah desa lewat dana desa, melakukan kegiatan kita lebih fokus dengan memanfaatakn sumber daya alam lewat pemanfaatan lahan subur, untuk kegiatan pangan lokal. Sehingga saat ini kegiatannya masih berjalan dan dari kegiatan itu ada beberapa kelompok yang mengolah hasil tanaman, seperti singkong diolah menjadi keripik kasbi dan sampai saat ini dia masih berjalan,” ungkapnya.

Sementara untuk kegiatan-kegiatan lainnya, kata Nove, masih ditunda karena terkendala adanya pandemic Covid-19. Sehingga beberpa program dialihkan tahun 2021.

“Beberapa program kita undur kemungkinan hingga tahun depan. Mislanya untuk kegiatan-kegiatan pelatihanatau yang memang melibatkan banyak orang kami tunda, karena sesuai protokoler kesehatan juga dilarang. Intinya pemerintah desa selalu mendengarkan aspirasi masyarakat lewat kegiatan musrembang tingkat desa. Apa yang disampaikan masyarakat akan dipertimbangkan bersama untuk kemudian dikembangkan di desa ini,” pungkasnya. (KJH)

Comment