by

Minta Dukungan Program Web Maluku Cerdas

Ambon, BKA- Pemerintah Kota/Kabupaten se Maluku, diharapkan dapat mendukung kebijakan Gubernur Maluku, Murad Ismail yang telah meluncurkan program web Maluku Cerdas.

Hal ini ditegaskan Anggota Komis IV DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae, kepada wartawan di gedung DPRD Karpan Ambon, kemarin. Menurut dia, web tersebut sangat menunjang upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di negeri para Raja-Raja ini.

“Tanggung jawab pendidikan itu lebih banyak di pemerintah kabupaten dan kota. Karena mereka mempunyai kewenangan untuk mengurus pendidikan menengah pertama dan pendidikan dasar,” ujar Huwae.

Dikatakan, peluncuran web Maluku Cerdas yang menggunakan aplikasi Microsoft 365, juga disertai pelatihan training of trainer (TOT) Microsoft 365 bagi 395 guru SMK dan SMA se-Maluku.
Yakni melalui rapat virtual dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis (bimtek) bagi 9.200 guru SMK dan SMA di Maluku terkait penguasaan Microsoft 365.

Dikatakan, Maluku merupakan daerah kedua di Indonesia yang meluncurkan program ini, setelah Pemprov Jawa Tengah yang pertama kali membuat program tersebut.

Dan membentuk karakter anak, sambung dia, harus dimulai dari pendidikan usia dini sampai dengan pendidikan dasar. Yang mana menjadi tanggung jawab pemkab/pemkot. Sementara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, ada pada level menengah atas.

“Niat Gubernur itu baik membangun Maluku. Sehingga DPRD, terutama fraksi PDIP Perjuangan mendukung apa yang menjadi langkah program dan kegiatan yang dilakukan dalam dunia pendidikan,” terangnya.

Politisi PDIP ini menilai, dunia pendidikan menjadi salah satu sektor yang sangat terkena dampak pandemi COVID-19. Sehingga sekolah-sekolah ditutup dan siswa terpaksa harus belajar dari rumah.
“Para bupati dan walikota juga, jangan sungkan-sungkan untuk berkoordinasi dengan Gubernur. Agar apa yang menjadi cita-cita dan keinginan mereka membangun daerahnya sinergis dengan provinsi dan pemerintah pusat, terutama untuk pendidikan,” harap Huwae. (RHM)

Comment