by

MotoGP 2020: Pabrikan Besar Puasa Podium Pertama

Tiga tim pabrikan besar di MotoGP, Honda, Yamaha, dan Ducati belum mampu memenangkan seri hingga balapan musim ini menyelesaikan tiga seri.

Kemenangan Brad Binder dari KTM di MotoGP Ceko membuat MotoGP 2020 semakin menarik untuk disimak lantaran makin meratanya kekuatan tiap pembalap.

Namun di sisi lain hal itu juga tiga tim pabrikan besar yang biasa menguasai seri MotoGP bertahun-tahun. Honda, Yamaha, dan Ducati benar-benar tak mampu menandingi geliat pembalap satelit dan kuda hitam.

Honda jadi tim pabrikan paling hancur di awal musim. Cederanya Marc Marquez membuat Honda benar-benar tak berkutik. Alex Marquez tidak bisa memberikan kejutan yang menyenangkan untuk Honda. Alex hanya berada di posisi ke-13 di klasemen MotoGP 2020 dan belum pernah sekalipun finis di posisi tujuh besar.

Ducati juga belum mampu meraih kemenangan. Andrea Dovizioso tidak bisa berkutik di MotoGP Ceko, sirkuit yang biasanya jadi andalan Ducati untuk meraih poin maksimal.

Setelah finis podium di MotoGP Spanyol, Dovizioso hanya finis di posisi keenam pada MotoGP Andalusia dan finis di posisi ke-11 pada MotoGP Ceko.

Dovizioso kini ada di posisi keempat klasemen pembalap, namun dengan selisih 28 poin dari Fabio Quartararo.

Maverick Vinales dan Valentino Rossi juga belum bisa memberikan kemenangan untuk Yamaha. Vinales hanya meraih dua posisi runner up sedangkan Rossi satu kali berdiri di podium ketiga.

Namun setidaknya Vinales masih ada di posisi kedua dengan nilai 42 poin, tertinggal 17 angka dari Quartararo.

Balapan MotoGP 2020 berikutnya adalah MotoGP Austria, Minggu (16/8). Balapan MotoGP Austria bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com. (INT)

Comment