by

MoU UKIM-Pegadaian Wujudkan Program Merdeka Belajar

Ambon, BKA- Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon menggelar penandatanganan MoU dengan PT Pegadaian Area Ambon, yang digelar di The Gade Coffee, Selasa (15/9).

Rektor UKIM Ambon, Dr. Jafet Damamain, mengatakan, salah satu tujuan penandatanganan MoU itu untuk mewujudkan program “Merdeka Belajar”, sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Salah satu wujud program “Merdeka Belajar”, yakni, kampus harus dapat menyediakan akses magang bagi mahasiswa selama satu semester.

“Artinya, kita harus membuka akses agar mahasiswa bisa melakukan tugas praktek maupun tugas kerja lainnnya. Dengan adanya akases dan peluang kerjasama yang dibangun ini, saya berharap, dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa agar lebih produktif dan kompetitif, guna menjawab tuntutan kurikulum kita saat ini, sebagaimana tujuan dari adanya program “Merdeka Belajar” itu sendiri,” terang Damamain.

Lanjutnya, pasca adanya program “Merdeka Belajar”, pihaknya tidak hanya fokus untuk menyediakan infrastruktur dalam kampus, tapi juga membuka akses bagi mahasiswa untuk magang. Karena itu merupakan tujuan kampus yang sesungguhnya, yakni, membangun kualitas, kompetensi mahasiswa selama proses kuliah.

“Bahwa dengan mahasiswa diberi akses serta didukung untuk belajar kepada siapa saja dan di mana saja yang bisa berikan pengetahuan dan ketrampilan yang relevan, mereka akan dibutuhkan oleh masyarakat dan industri kerja. Itu sebabnya kita upayakan, selama dikampus, mereka sudah memiliki keterampilan yang matang untuk siap dipakai dimana saja,” harapnya.

Atas upaya mewujudkan program tersebut, Vice President PT. Pegadaian Area Ambon, Asih Subekti, menyatakan, akan selalu siap memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa UKIM yang ingin melakukan praktek kerja maupun penelitian di kantor yang ia pimpin tersebut.

“Kita akan selalu memberikan kesempatan, jika ada mahasiswa UKIM yang mau datang untuk magang atau penelitian disini. Kita juga siap, jika diminta untuk memberikan kuliah umum, seminar atau proses-proses lainnya, yang berkaitan dengan kewirausahaan. Dengan kerjasama ini, kedepan, kita akan melakukan banyak hal. Bukan saja soal magang dan penilitian lainnya. Tapi juga, jika ada yang bisa dilakukan, kita akan lakukan bersama dengan UKIM,” tandas Subekti.
(LAM)

 

Comment