by

Musrembang Negeri Hative Besar Fokus Pada Tiga Sektor

Ambon, BKA- Hasil musrembang Negeri Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, terfokus pada tiga sektor yakni Pertanian, Perikanan, dan Pariwisata. Novie Laisatamu Selaku Kepala Negeri Hative Besar menyampaikan, dari hasil musrembang tersebut akan dibentuk dalam beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Negeri bersama dengan masyarakat.

“Pemerintah Negeri buat hasil musrembang itu dalam bentuk kegiatan seperti, kalau pertanian kemarin itu kita lebih banyak ke salah satu produk unggulan, yaitu menanam buah nenas. Jadi kita bina masyarakat untuk penanaman dan itu akan dibentuk kelompok-kelompok. Sebenarnya dalam tahun ini tapi karena Covid hadir di kota Ambon akhirnya seluruh program yang sudah direncanakan tertunda. Untuk tahun berikut direncanakan Hative Besar akan dibuat sebagai tempat wisata baik itu wisata pertanian maupun wisata pantai,” katanya.

Selain itu, sambungnya, lokasi dipesisir pantai akan dibuat tempat wisata sekaligus untuk menjual produk-produk unggulan di Hative Besar. Nantinya, akan dibentuk kelompok untuk pelatihan-pelatihan bagaimana mengolah hasil pertanian yang semula hanya dijual per-buah, bisa dijasikan satu produk yang memiliki nilai jual tinggi.

“Nnatinya, kami akan bentuk kelompok dan melakukan pelatihan untuk masyarakat bisa mengolah hasil yang ada. Begitu juga dengan daerah pesisir, yang pertama ada potensi pariwisatanya kemudian masyarakat yang bekerja sebagai nelayan, tapi hasilnya juga kadang-kadang ada yang jual melimpah dan ada yang tidak. Selaku Pemerintah Negeri, kita harap masyarakat bisa mengolah hasil laut maupun hasil pertanian untuk dijadikan produk unggulan dan dijual untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Namun semuanya masih dalam perencanaan, sambung Novie. Hal ini disebabkan adanya Pandemi Covid-19, program-program tersebut ditunda hingga tahun berikutnya. Sementara jika Alokasi Dana Desa (ADD) bisa mencukupi, akan dilakukan terlebih dahulu pelatihan-pelatihan kepada masyarakat, sehingga kedepannya bisa mengolah hasil hutan dan laut tersebut menjadi berbagai produk unggulan. (MG-2)

Comment