by

NBA Pakai Bola Wilson Mulai Musim 2021-2022

Ambon, BKA- NBA jarang membuat perubahan dalam hal perlengkapan pertandingan, termasuk bola. Kali ini NBA akan mengganti bola Spalding dengan Wilson. Ini perubahan bola kelima yang dilakukan NBA dalam 75 tahun sejarahnya.
Perlengkapan pertandingan NBA sepertinya memang tidak berubah.

amun bila mengikuti perubahan, dalam 75 tahun NBA hanya empat kali mengubah merek bola basket yang digunakan. Tapi tidak selalu berjalan mulus. Misalnya pada tahun 2006, NBA membuat keputusan mengganti bola bahan kulit dengan bola berbahan sintetis. Keputusan ini ditentang habis-habisan oleh pemain. Akhirnya NBA kembali memakai bola kulit.

Pada hari Rabu, waktu Amerika Serikat, NBA mengumumkan perubahan merek bola. Mulai musim 2021-22 nanti, Wilson akan menjadi bola resmi pertandingan. Bola baru nanti dibuat dengan spesifikasi yang lebih baik.

Bola produksi dari Wilson Sporting Goods Co. ini tidak hanya digunakan untuk NBA saja, melainkan WNBA, NBA G League, NBA 2K League, dan Liga Basket Afrika (BAL).

“Kemitraan dengan Wilson ini mengembalikan kami ke awal, sebelum merencanakan masa depan,” kata Salvatore LaRocca, Presiden NBA untuk Kemitraan Global. “NBA memakai Wilson selama 37 musim sejak tahun 1946. Kami berharap dapat mengembangkan permainan ini bersama.”

NBA berupaya untuk menyeragamkan merek bola dari level perguruan tinggi hingga level teratas. Hal tersebut diamati dari kasus Lonzo Ball. Saat bermain di level universitas, dia bisa menembak lebih baik dengan bola Wilson. Karena di NCAA memakai Wilson. Tapi begitu pindah ke NBA yang memakai Spalding, penampilan Lonzo sangat berbeda. Karena pada dasarnya setiap bola basket akan memiliki cengkeraman dan rasa yang berbeda.

“Wilson akan memproduksi bola untuk NBA, WNBA, NBA G League dengan bahan yang sama, konfigurasi delapan panel, spesifikasi yang sama, serta mengupayakan sumber kulit yang sama,” ucap Kevin Murphy selaku manajer umum Wilson Basketball. (INT)

Comment