by

Negeri Soya Pastikan Bansos Tepat Sasaran

Ambon, BKA- Pemerintah Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Pastikan Bantuan Sosial (Bansos), berupa, Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 100 persen tepat sasaran

“Ada 1.238 kepala keluarga, Negeri Soya yang menerima bansos, 613 khusus BLT, sedankan untuk BST ada sebanyak 208 kepala keluarga yang

menerimanya, untuk PKH 299 kepala keluarga, dan BPNT itu sekitar 258 kepala keluarga, jadi jumlah keseluruhannya itu ada 1.238 kepala keluarga Negeri Soya yang terima bansos, dan itu semua sudah 100 persen tepat sasaran,” jelas Melkiano Soplanit selaku Sekertaris Negeri Soya.

“BLT, BPK DAN BPNT itu bantuan diberikan langsung dari Dinas Sosial (Dinsos), sedangkan untuk BST itu dibagi oleh kantor Pos langsung, tapi ada juga yang ambil sendiri di Bank jika yang memiliki buku rekening. Dari Pemerintah Negeri hanya membantu memberikan data keluarga yang benar-benar berhak untuk terima bantuan-bantuan tersebut,” jelasnya.

BST, PKH dan BPNT diberikan kepada warga kategori tidak mampu (Ruta miskin), sedangkan Bantuan langsung tunai, Melkiano menjelaskan, bantuan tersebut diberikan kepada warga yang terdampak Covid-19.

“Secara khusus Pemerintah Kota (Pemkot), mengharapkan syaratnya ikut aturan Kementrian, bantuannya untuk warga yang katakanlah miskin, tapi karena Covid-19 banyak masyarakat yang merasakan dampaknya.

Misalnya, yang tadinya pendapatan satu hari bisa dapat sampai Rp 100 ribu, sekarang karena covid, paling mentok hanya Rp30 ribu, orang-orang tinggal dirumah, anak-anak tidak sekolah, yang biasanya mungkin dapat penghasilan untuk biaya sekolah anak-anak, berkurang akibat Covid.

Begitu juga dengan sopir angkutan Kota (angkot) misalnya, satu hari biasanya setor Rp 300 ribu, sekarang hanya bisa palingan Rp 150 ribu untuk uang setoran, karena semenjak adanya Covid ini semua dibatasi,” tuturnya.

Dirinya juga sangat bersyukur atas setiap suport yang diberikan masyarakat kepada Pemerintah Negeri Soya dalam upaya penanganan Covid-19 serta pembagian-pembagian bantuan sosial (Bansos) yang sudah 100 persen tersalurkan kepada masyarakat Negeri Soya. (MG-2)

Comment