by

OKP Galang Dana Terhadap Penderita Hydrocephalus

Ambon, BKA- Sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kabupaten Kepulauan Aru bergabung untuk menggelar aksi Peduli Kemanusian.

Aksi peduli Kemanusian itu berupa penggalangan dana yang diperuntukan bagi Putra Pardjala (7), yang tengah menderita Hydrocephalus sejak bayi.

Hydrocephalus merupakan manifestasi klinis dari akumulasi cairan serebrospinal (cerebrospinal fluid / CSF) yang berlebihan, sehingga terjadi peningkatan tekanan intraventrikuler dan dilatasi patologis ruang ventrikel. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada sirkulasi dan/atau absorbsi CSF, ataupun meningkatnya produksi CSF oleh plexus choroid.

Putra Pardjala (7), yang tengah menderita Hydrocephalus sejak bayi

Hydrocephalus dapat diturunkan karena kelainan genetik, maupun didapat karena komplikasi persalinan prematur, tumor, trauma, infeksi, dan gangguan metabolik.

Penggalangan dana itu melibatkan GMKI, GMNI, HMI, AMGPM, HIPMI, GRANAT, PWI, PWRI, KNPI, IJTI dan group NC serta beberapa organisasi lainnya di Kepulauan Aru.
Penggalangan dana itu mereka lakukan disekitar Bundaran Mutiara, Pasar Jargaria Dobo dan Tuggu Cendrawasih, selama dua minggu berturut-turut. Sehingga dana yang sudah terkumpul hingga hari ini sebesar Rp. 36.636.000.

Inisiator penggalangan dana tersebut, Latief Madilis, mengatakan, aksi kemanusiaan itu murni dilakukan sebagai bentuk keterpanggilan kemanusian untuk saling membantu, setelah melihat langsung kondisi Putra Pardjala.

Setelah melihat kondisinya, dirinya langsung berkoordinasi dengan sejumlah OKP di Kepulauan Aru untuk melakukan penggalangan dana.

“Puji Tuhan. Lintas koordinasi terbangun dengan baik dan hingga kini, kami dan OKP Peduli masih mengupayakan penggalangan dana untuk membiayai operasi adik kita, Putra, di Makassar nanti,” ungkapnya.

Terpish, Ketua DPC Granat Kepulauan Aru, Mika Ganobal, berharap, aksi penggalangan dana selama dua minggu berturut-turut tersebut dapat sedikit meringankan beban keluarga Pardjala, untuk melakukan pengobatan terhadap Putra Pardjala.

“Semoga saja dengan aksi teman-teman yang turun langsung untuk menggalang dana ini dapat meringankan beban keluarga Pardjala. Dengan ini juga, saya mengajak kepada semua teman-teman warga Aru untuk peduli dengan Putra, yang sedang berjuang melawan penyakit yang diidapnya,” ajak Ganobal

Penggalangan dana itu selain dilakukan oleh OKP, juga dilakukan oleh TNI/Polri secara internal bagi Putra Pardjala (7) penderita Hydrocephalus sejak berusia bayi.(WAL)

Comment