by

Optimis PJJ Di Tahun Ajaran Baru Efektif

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 3 Rumah Tiga, A. Ahumahu, optimis pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan berjalan efektif di tahun ajaran 2020/2021 mendatang.

Agar efektif, SD Negeri 3 Rumah Tiga telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PJJ yang telah dilaksanakan sebelumnya selama tiga bulan. Sehingga telah mengetahui, berbagai kendala yang dialami selama PJJ sebelumnya.

“Kemarin itu, masih ada proses yang kurang. Kebanyakan hanya ada kuis dan pengiriman tugas latihan soal saja,” ujar Ahumahu, Minggu (5/7).

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaskanaan PJJ nanti, kata Ahumahu, para guru akan menambahkannya dengan berbagai konten video pembelajaran. Baik yang memang dibuat oleh guru sendiri maupun yang diambil dari youtube.

Konten video pembelajaran itu akan disesuaikan dengan materi pelajaran. “Kalau ini jalan, saya kira PJJ bisa berjalan efektif. Itu yang kita upayakan,” terangnya.

Tidak hanya sebatas itu, lanjutnya, guru-guru juga terus didorong untuk mengembangkan pola pembelajarannya. Baik secara manual maupun secara online.

“Jadi sekarang ini, memang kita libur. Tapi saya terus berikan dorongan kepada guru-guru untuk ikut seminar pembuatan video pembelajaran bagi siswa. Kita persiapkan guru. Karena, kalau guru tidak dipersiapkan, mana mungkin mereka bisa tahu. Sebab ini merupakan hal baru bagi kita. Sehingga bukan kita libur, lalu senang di rumah. Tapi kita punya banyak kerja yang harus kita selesaikan,” ungkapnya.

Semua itu dilakukan bukan hanya demi kepentingan siswa sendiri, tapi juga untuk meningkatkan kapsitas guru. Karena pola PJJ, sangat berbeda dengan pembelajaran tatap muka langsung di kelas.

Pola PJJ, jelasnya, membutuhkan teknis pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari seorang guru. Dimulai dari kesiapan materi pembelajaran, hingga kemampuan menguasai berbagai media teknologi guna bisa mengajar secara online

“PJJ tidak seperti kita melakukan pembelajaran di dalam kelas, lalu tinggal tampilkan slide, kemudian mengajar. Untuk PJJ, tidak seperti itu. Kita harus membuat video pembelajaran yang kreatif, agar siswa tidak jenuh dalam belajar,” pungkasnya.(LAM)

Comment