by

PAN Bakal Usung Keliobas dan Mukadar

Ambon, BKA- Pada perhelatan Pilkada serentak yang dilaksanakan diempat kabupaten di Provinsi Maluku, Partai Amanat Nasional (PAN) akan ‘all out” di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Buru Selatan (Bursel).

Memang sampai sekarang PAN belum memberikan rekomendasinya kepada pasangan bakal calon kepala daerah siapapun.

Namun ada indikasi kuat dari DPP kalau partai tersebut akan mengusung pasangan bakal calon kepala daerah Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur di Kabupaten SBT, dan pasangan bakal calon Muhamamd Mukadar-La Hamidi di Kabupaten (Bursel).

“Memang belum ada dukungan fisik, tetapi DPP telah memberikan signal seperti itu,” ungkap Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Maluku, Syukur Kaliki, kepada awak media, Rabu (29/7).

Di Kabupaten SBT, PAN memiliki tiga kursi di legislatif. Tentu saja kekuatan itu semuanya akan diarahkan ke bakal calon petahana, yang telah mendapatkan rekomendasi Partai Golkar.

Begitu juga, katanya, di Kabupaten Bursel. Disana PAN memiliki dua kursi. Memang Muhammad Mukadar-La Hamidi bukan calon petahana, namun keduanya memiliki basis massa yang jelas.

Muhammad Mukadar merupakan mantan Rektor Universitas Iqra Buru, sehingga dia dianggap sebagai tokoh di daerah itu. Sedangkan La Hamidi merupakan Wakil Ketua DPRD Bursel.

Selain itu, Kaliki sangat yakin kalau pasangan tersebut akan mendapat rekomendasi Partai Golkar. Karena memang Muhammad Mukadar merupakan kader partai beringin.

“Saya kira, kalau PAN berkoalisi dengan Golkar, kedua pasangan ini bukan hanya dapat lolos pendaftaran KPU, bahkan bisa memenangkan pertarungan di Pilkada nanti di kedua kabupaten itu,” katanya.

Sedangkan untuk Kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya (MBD), PAN tidak memiliki kursi di legislatif. Sehingga hanya memberikan dukungan politik kepada kedua pasangan bakal calon kepala daerah petahana, baik Johan Gonga-Muin Sogalrey maupun pasangan Benjamin Thomas Noach-Agustinus Lekwardai Kilikily.

“Semua ini memang belum ada dukungan fisik, tetapi DPP telah memberikan sinyal seperti itu. Dan kita di PAN targetkan bersama partai koalisi lainnya, harus menang,” pungkasnya. (RHM)

Comment