by

Pangdam Pimpin Pengibaran Bendera Bawah Laut

Ambon, BKA- Berbagai cara dilakukan untuk menunjukkan rasa cinta tanah air. Terutama di hari istimewa HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang kini berusia 75 tahun.

Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-75, Pasukan Gabungan TNI yang berasal dari Tiga Matra, yakni, Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU), menggelar pengibaran Bendera Merah-Putih di bawah laut, Senin (17/8).

Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilakukan di Pantai Batu Kuda, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman.

Selain untuk memperingati hari kemerdekaan, pengibaran bendera itu dilakukan untuk menggalakkan olahraga diving di Maluku, karena dinilai dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga mampu menangkal kemungkinan serangan virus corona yang saat ini tengah mewabah.

Pangdam juga ingin menunjukkan kepada publik, bahwa wisata bahari di wilayah Maluku sangat indah. Sehingga harus disyukuri dan harus dipelihara.

‘Kita harus bangga, bahwa negara kita ini sudah 75 tahun merdeka. Karena itu, saya sengaja mengajak Tiga Matra bersatu untuk meraih sukses. sehingga kita bisa menghadapi wabah Covid-19 ini secara bersama-sama,” ujar Pangdam.

Pengibaran bendera di bawah laut ini dilaksanakan oleh Pasukan Gabungan Tiga Matra yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari TNI-AD 14 orang dipimpin oleh Pangdam XVI/Pattimura, TNI-AL 10 orang dipimpin oleh Danlantamal IX/Ambon dan TNI-AU 3 orang dipimpin oleh Danlanud Pattimura, serta 3 orang anggota Persit KCK PD XVI/Pattimura. (Pendam16)

Comment