by

Para Tahanan Polda Akan Direlokasi

Ambon, BKA- Mengingat kondisi penyebaran Covid-19 yang semakin genjar di Kota Ambon dan Provinsi Maluku, diharuskan para Tahanan di Rutan Polda Maluku dan Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease serta beberapa Polres jajaran Polda Maluku, harus mengikuti protap kesehatan dengan menjaga jarak dalam tahanan, akhirnya membuat ruang tahanan tidak cukup untuk menampung para tahanan tersebut.

Menyikapi hal ini, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar didampingi Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Kombes Pol Leo Simatupang bersama Dir Tahti Polda Maluku, melakukan kunjungan Silaturahmi ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Maluku di Jalan Sultan Baabulah, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Jumat (19/6).

Kedatangan jenderal bintang dua ini mendapat sambut baik dari Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Maluku, Andi Nurka.

Kapolda mengatakan, kedatangannya bersama rombongan tentunya ingin membangun tali silaturahmi bersama jajaran Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham). Sekaligus membicarakan permasalahan tahanan yang ada di Rutan Polda Maluku dan Polres di jajaran Polda Maluku yang dinilai telah melebih kapasitas dan tidak memenuhi syarat Protokol kesehatan pada masa Pandemi Covid-19.

“Kami berharap para tahanan yang berada di ruang tahanan Polda dan polres jajaran Polda Maluku bisa di tempatkan di lembaga pemasyarakatan yang berada di Lapas-lapas yang ada diwilayah Maluku,” harap Kapolda.

Menanggapi apa yang disampaikan Kapolda Maluku, Kakanwil Kemenkumham Provinsi Maluku, Andi Nurka, berjanji dalam waktu dekat akan membicarakan hal tersebut dengan jajarannya. Menurut dia, dalam waktu dekat para tahanan yang berada di rutan Polda dan Polres jajaran Polda dapat di terima di lembaga pemasyarakatan.

“Kemenkumham Maluku sementara sudah mengadakan rapat terkait permasalahan penerimaan tahanan dari Polda/Polres dan mudah-mudahan dalam Minggu ini sudah bisa di terima semua,” ungkap Andi Nurka. (SAD)

Comment