by

PAS Sulit Di Lakukan

Ambon, BKA- Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri 13 Ambon, Muhammad Waliulu, mengatakan, Penilaian Akhir Semester (PAS) sulit dilakukan, akibat penyebaran virus corona atau Covid-19 semakin meluas.

Memang pelaksanaan PAS bisa di lakukan secara online. Namun pihaknya tetap merasa sulit melakukannya, lantaran tidak semua anak-anak didiknya memiliki fasilitas yang menunjang.

“Kondisi ini tidak bisa kita paksakan. Karena itu, PAS ini akan berdasarkan hasil belajar siswa di rumah. Sesuai dengan intruksi dari dinas. Mengingat Covid-19 masih mewabah,” ungkap Waliulu, Rabu (13/5).

Untuk itu, katanya, pihaknya tengah merangkum nilai-nilai siswa selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilakukan. Ditambah dengan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS). Itu semua akan dijadikan nilai kenaikan kelas.

“Ini sesuai petunjuk dari pihak dinas. Sehingga sudah bisa memperjelas alur kerja ditingkat sekolah, terkait penentuan kenainkan kelas tahun ini,” ujarnya.

Menurutnya, penentuan kenaikan kelas tersebut serupa dengan penentuan kelulusan. Semua penilaian dikembalikan ke masing-masing Satuan Pendidikan (SP), agar memudahkan semua proses di sekolah selama pandemi Covid-19 ini.

“Penyakit ini kan, datang saat kita sementara persiapan untuk ujian. Sehingga memang kita kesulitan untuk melaksanakan semua tahapan yang ada, termasuk pelaksanaan PAS,” tandasnya. (LAM)

Comment