by

Pasar Mardika Jadi Lokasi Protokol Kesehatan

Ambon, BKA- Meski dilanda wabah Covid-19, aktivitas jual beli di kawasan pasar Mardika Ambon selalu ramai. Hal ini membuat Pemerintah Kota Ambon mengambil kebijakan untuk menerapkan protokol kesehatan pada kawasan tersebut.

Anjuran jaga jarak atau physical distancing serta wajib menggunakan masker, sering kali disampaikan kepada para pedagang yang ada. Sayangnya, para pedagang maupun masyarakat lainnya terkadang mengabaikan anjuran tersebut.

Padahal, seluruh upaya yang dilakukan semata-mata untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yang hingga saat ini angkanya terus melonjak.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menegaskan, Pemerintah Kota Ambon segera menerapkan protokol kesehatan pada kawasan pasar Mardika Ambon. Penerapan tersebut akan dilaksanakan hari ini sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

“Besok pagi (hari ini), kita akan mulai coba dengan persiapan pelaksanaan protokol kesehatan pada wilayah pasar Mardika,” tandas Louhenapessy, kepada wartawan di ruang ULA Balai Kota, Selasa (2/6).

Untuk penerapan protokol kesehatan sendiri, sebutnya, Pemerintah Kota akan bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk memantau protokol kesehatan terhadap masyarakat saat berada di kawasan tersebut.

Dengan melibatkan aparat keamanan, masyarakat akan lebih patuh sehingga penerapan tersebut dapat maksimal dan menekan angka kasus terkonfirmasi Covid 19.

“Ini merupakan bagian dari proses pembatasan kegiatan masyarakat. Apalagi pasar termasuk pada zona merah, sehingga harus ada perhatian khusus,” ujar dia.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat sejumlah pedagang di pasar tersebut akan dipindahkan. Relokasi tersebut dilakukan lantaran akan dilakukan revitalisasi pasar Mardika. Dan para pedagang akan melakukan pengundian untuk menentukan proses relokasinya.

“Itu karena dalam Minggu ini, sejumlah pedagang akan dipindahkan dalam persiapan untuk pembangunan pasar baru. Juga akan ada undian untuk sejumlah pedagang yang nanti akan di tempatkan di pasar sementara,” ungkapnya.

Walikota dua periode ini menilai, pasar Mardika yang diterapkan protokol kesehatan karena pasar tersebut akan dijadikan percontohan New Normal. Sekalipun Kota Ambon tidak menerapkan New Normal sesuai dengan keputusan Presiden RI Joko Widodo. (DHT)

Comment