by

Pasca Corona, Sebagian Program PRKP Direfocusing

Ambon, BKA- Sebagian besar program milik Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon, mengalami refocusing. Baik ditunda atau dibatalkan yang dianggap tidak relevan akibat pandemi Covid-19 yang melanda kota Ambon.

“Dinas Permukiman ini, di tengah-tengah kondisi yang terjadi ini, yang pertama bahwa kegiatan-kegiatan sebagian terjadi refocusing,” ungkap, Kepala Dinas PRKP, Brury Nanulaitta, kepada koran ini di ruang kerjanya, Jumat (11/9) pekan lalu.

Menurut Brury, kegiatan PRKP dengan Pemerintah Kota, saat ini, lebih terfokus untuk melakukan penanganan dan pencegahan penularan Covid-19. “Kegiatan lebih terfokus untuk penanganan Covid yah,” sebutnya.

Kemungkinan, kata dia, salah satunya yakni program pengambilan swab test massal bagi OPD yang bertugas di lapangan, termasuk Dinas PRKP. Karena dengan ini, bisa menjaga kluster baru di dunia perkantoran.

Dan program Dinas PRKP di tahun 2020 yang nantinya akan dijalankan, semua bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Jadi dari kegiatan-kegiatan dari Pemerintah Pusat, walaupun itu juga refocusing, masih ada juga bisa dijalankan dan dimanfaatkan oleh dana DAK,” jelas dia.

Brury akui, tidak bisa menjelaskan secara rinci terkait berapa program yang mengalami refocusing. Juga berapa program yang akan dijalankan dengan sumber dana DAK. Karena menyangkut hal tersebut, harus dengan data yang akurat, tidak asal-asalan dalam menyampaikan data.

Menurutnya, jika ada program yang harus dijalankan, Dinas PRKP juga akan mengikuti aturan protokol kesehatan, guna terhindar dan membantu membasmi Covid-19. “Semua disesuaikan dengan aturan pemerintah, protokol kesehatan,” tutupnya. (BKA-1)

Comment