by

Patah Kemudi, KM Aru Indah Hilang Arah

Ambon, BKA- KM Aru Indah yang mengangkut bahan bangunan dengan 9 kru dan beberapa penumpang harus dievakuasi oleh tim SAR. Hal ini dikarenakan kapal tersebut mengalami kerusakan bagian Kemudi, sehingga terombang-ambing di perairan Kei besar, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), tepatnya di depan Kampung / Ohoi Mun Kahar.

Kapolres Maluku Te-nggara AKBP Alfaris Pattiwael, saat dihubungi wartawan, Senin (22-/6), menjelaskan, KM Aru Indah mengalami patah kemudi Jarak kurang lebih 21 NM dari Kota Tual, peristiwa ini terjadi pada Minggu (21/6), sekitar pukul 21.00 WIT.

“Jadi setelah kita mendengar informasi tersebut, Tim yang tergabung KPPP Pelabuhan Tual, Res Malra, Syahbandar Tual, Basarnas Tual dan KPLP Tual langsung diberangkatkan dari pelabuhan Yos Sudarso Tual dengan tujuan melakukan evakuasi Kapal KM Aru Indah, yang sementara terapung – apung di perairan Kei Besar,” Kata Kapolres.

KM Aru Indah, tambah dia saat itu bertolak dari Pelabuhan Feri Tual tujuan Banda Eli Kecamatan Kei Besar Utara Timur dengan muatan bahan bangunan di Mesjid Banda Eli namun didalam perjalanan mengalami Trable Mesin (Kemudi Patah ).

“Tiga ABK KM Aru Indah serta 4 orang yang mengawal bahan bangunan tersebut dalam keadaan selamat. Setelah dilakukan kordinasi dengan Kapten dan ABK Kapal, mereka memilih untuk tetap bertahan di Desa Mun Kahar untuk melakukan perbaikan mesin sehingga Tim Sar memutuskan untuk kembali ke Tual,” pungkas Pattiwael. (SAD)

Comment