by

Pedagang Diminta Jaga Jarak

Ambon, BKA- Para pedagang yang berjualan di pasar tradisional Mardika, terkhusus para pedagang ikan diminta untuk tetap mengikuti aturan physical distancing atau jaga jarak antara pedagang lain maupun pembeli. Hal tersebut disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan, Selasa (23/6).

Menurutnya, pedagang ikan yang ada di pasar rakyat hingga saat ini tidak memperhatikan protokol kesehatan, terutama dalam menjaga jarak.

Padahal, salah satu protap kesehatan selain menggunakan masker dan mencuci tangan, menjaga jarak juga penting untuk mencegah penularan saat ada penderita yang batuk atau bersin.

Politisi Golkar ini juga telah memerintahkan Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, untuk turun dan mensosialisasikan pentingnya protap kesehatan kepada masyarakat, terutama saat berdagang. Karena dinilai penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Tempat pelelangan ikan di Kota Ambon, banyak orang yang masih berkerumun. Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan untuk turun dan melakukan sosialisasi,” terangnya.

Dikatakan, tempat pelelangan ikan maupun pedagang ikan di pasar bisa saja menjadi klaster baru penyebaran Covid 19 di Kota Ambon, ketika tidak ada perhatian serius dari pemerintah.

Mengingat, ikan bagi masyarakat Kota Ambon sangat penting. Dimana ikan dinilai sebagai salah satu pelengkap makanan pokok masyarakat di Kota Ambon. Sehingga banyak yang lebih memilih mengkonsumsi ikan, disbanding daging atau telur yang dijual para pedagang.

Olehnya, penumpukan yang terjadi diantara pedagang ikan dan masyarakat memang tidak dapat dipungkiri. Namun, dengan kondisi saat ini masyarakat maupun pedagang ikan harus dapat menjaga jarak agar tetap aman dari penyebaran virus.

“Bagi para nelayan maupun para pedagang ikan, supaya mereka bisa mengatur jarak. Jangan sampai berkerumun dan menjadi klaster baru akibat dari kelalaian kita sendiri,” pesannya.

Dilanjutkan, sosialisasi yang dilakukan harus maksimal untuk menyadarkan masyarakat maupun pedagang ikan tentang bahaya covid 19 dan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Karena untuk saat ini kasus terkonfirmasi positif di Kota Ambon terus bergerak naik.

Sehingga pemerintah melalui instansi terkait, harus dapat memperhatikan hal tersebut dengan baik. Agar tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kota Ambon, dapat lebih maksimal dan angka kasus positif dapat diturunkan. (DHT)

Comment