by

Pegadaian Akan Luncurkan “Gadai Peduli”

Ambon, BKA- Di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19, PT Pegadaian (Persero) yang sebelumnya mengeluarkan relaksasi dan restrukturisasi angsuran untuk produk non gadai, dalam waktu dekaat akan meluncurkan bertajuk “Gadai Peduli”.

Program ini akan meringankan beban nasabah, yang diperuntukan bagi pengguna prodak Gadai Konvensional maupun Syariah dengan bunga nol persen.

Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto dalam rilisnya yang diteruskan Vice President PT. Pegadaian Area Ambon Asih Sebekti menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat akan meluncurkan program Gadai Peduli untuk membantu kesulitan masyarakat ditengah wabah Covid-19.

“Kami berkomitmen terus memberikan berbagai kemudahan bagi nasabah, terlebih lagi pada situasi yang sulit saat ini ditengah wabah Covid-19. Program pertama Gadai Peduli adalah menetapkan bunga nol persen,” terang Asih, kepada koran ini lewat akun whatsapp, Senin (27/4).

Menurutnya, kalau targetnya bisa membantu meringankan beban lima juta nasabah gadai, dimana 3,5 juta nasabah dari eksisting dan 1,5 juta diharapkan dari tambahan nasabah selama bebas bunga diterapkan.

Program ini, kata dia, hanya berlaku bagi nasabah yang memiliki pinjaman kurang dari Rp 1 juta. Efektifnya program tersebut akan mulai diterapkan pada tanggal 1 Mei 2020 dan berakhir 31 Juli 2020.

Dijelaskan, persyaratan untuk mendapat program bunga nol persen, dalam satu Kepala Keluarga (KK) tidak boleh lebih dari satu nasabah penerima, untuk pembuktiannya nasabah tidak perlu membawa KK saat menggadai. Karena otomatis, asal pinjaman kurang dari Rp 1 juta, akan dicek oleh sistim yang dimiliki Pegadaian.

Sementara untuk program Gadai Peduli kedua, lanjut, Asih, yakni penundaan jatuh tempo lelang selama 15 hari akan ditambah menjadi 30 hari atau satu bulan.

“Jadi ada tambahan 15 hari relaksasi. Program ini diterapkan kepada semua nasabah tanpa terkecuali, dengan maksud memberikan kesempatan mengumpulkan dana kepada nasabah untuk bisa melunasi, batas akhir waktu program akan diterapkan kemudian,” ujarnya.

Dengan demikian diharapkan, dengan program-program Gadai Peduli ini dapat mengurangi beban ekonomi nasabah, yang mungkin terdampak Covid-19. (RHM)

Comment