by

Pekan Depan, Aru Terapkan New Normal Life

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Aru saat ini tengah bersiap untuk menerapkan new normal life, yang direncanakan pekan depan.

Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Johan Gonga, mengungkapkan, rencana itu sejalan dengan ketetapan pemerintah pusat, terkait 102 daerah yang akan menerapkan new normal life di Indonesia. Salah satunya, Kabupaten Kepulauan Aru karena masuk sebagai zona hijau di masa wabah Covid-19.

“New normal ini mudah saja di jalankan yang penting kita patuhi Protokol Kesehatan dengan selalu jaga jarak, menggunakan masker dan cuci tangan,” terang Gonga, usai melaunching penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di desa Lorang Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru, Rabu (3/6)

Tujuannya pemberlakuan new normal life, kata Bupati,agar kegiatan produktivitas masyarakat dapat berjalan dengan baik, sekolah bisa jalan seperti biasa dan perkantoran, walau ditengah masa pandemi virus corona ini.

“Jadi pemberlakuannya di tempat umum, seperti pasar, pertokoan, tempat-tempat ibadah dan lainnya. Asalkan tetap jalankan protokol kesehatan secara baik,” jelasnya.

Orang nomor satu di daerah penghasil mutiara itu mengatakan, pada penerapan new normal itu, semua jalur transportasi akan dibuka seperti biasa, baik udara maupun laut. Namun penumpang yang masuk maupun keluar, harus disertakan surat keterangan bebas Covid-19 dari daerah asal. Saat tiba di Dobo, semua penumpang wajib jalankan protokol kesehatan dengan melakukan pemeriksaan rapid test dan swab.

“New normal Life kita akan jalankan dan aktivitas pelayaran laut maupun udara akan jalan. Namun harus jalankan protokol kesehatan. Jadi akan dijaga ketat, sehingga kita jangan kecolongan,” ungkapnya.

Sementara itu, sebagai langkah awal menuju penerapan new normal life, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Aru menggencarkan patroli new normal, yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Kepulauan Aru, AKP Florensius Teddy.

Pantauan BeritaKota Ambon dalam kegiatan tersebut tim Gugus Covid-19 menggunakan 3 unit kendaraan roda dua milik Koramil 1503-03/Dobo, 1 unit kendaraan Lanal Aru, 2 unit kendaraan roda empat milik Polres Aru, dan 1 unit kendaraan roda empat milik Sat-Pol PP.

Kabag Ops Polres Kepulauan Aru, AKP Florensius Teddy, disela-sela patroli tersebut, mengatakan, patroli new normal life bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai rencana Pemkab Kepulauan Aru yang akan menerapkan new normal life.

“Jadi patroli kita ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, sebagai rencana Pemda Aru dalam persiapan menerapkan new normal life,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, masyarakat Kepulauan Aru dituntut untuk merubah kebiasaan hidup dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid 19, seperti, membiasakan memakai masker, menggunakan hand sanitizer, serta melaksanakan social distancing.

“Menuju new normal life masyarakat diminta untuk mematuhi protokoler kesehatan. Wajib mengunakan masker dengan tetap memperhatikan jarak (sosial distancing) sebagai bentuk pencegahan Covid – 19 di Kabupaten Kepulauan Aru,” pungkas Florensius Teddy. (WAL)

Comment