by

Pekerja Terdampak Corona, Segera Daftar Pra Kerja

Ambon, BKA- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon meminta seluruh pekerja yang terdampak Covid-19 di Kota Ambon untuk mendaftar Kartu Pra kerja. Sebab, banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Sehingga sumber penghasilan tidak lagi diperoleh para pekerja.

Maka salah satu solusi yang dapat diikuti oleh pekerja, yakni dengan mengikuti program pemerintah dengan mendaftarkan diri sebagai peserta Kartu Pra Kerja.

Kepala Disnaker Kota Ambon, Godlief Soplanit mengatakan, kartu pra kerja merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat. Bantuan kartu ini diproritaskan bagi para pekerja yang dirumahkan dan di PHK oleh perusahaan-perusahaan.

“Itu mulanya untuk pengangguran, namun dengan adanya Covid 19 maka pekerja-pekerja yang mengalami PHK pun bisa ikut,” terang Sopanit, kepada wartawan, Kamis (28/5).

Menurutnya, hingga saat ini banyak pekerja yang telah terdaftar sebagai peserta Kartu Pra Kerja. Bahkan ada yang sudah lolos dan mendapatkan insentif dari Pemerintah Pusat.

Sehingga pekerja lainnya yang belum mendaftarkan diri, dapat mengikuti langkah pekerja lainnya. Karena untuk Kartu Pra Kerja sendiri, Pemerintah Pusat menyediakan banyak gelombang untuk diikuti dengan kuota yang lumayan banyak.

Pendaftaran awal sendiri, sambungnya, dibuka pada awal April 2020. Dan hingga saat ini, sudah 3 kali dibukanya pendaftaran Kartu Pra Kerja. Tetapi pekerja tidak perlu khawatir, karena dalam waktu dekat juga akan ada gelombang ke-4 Kartu Pra Kerja yang dibuka oleh Pemerintah Pusat.

Untuk itu, Ia meminta kepada pekerja untuk tetap memantau informasi terkait pendaftaran Kartu Pra Kerja. Agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pekerja yang saat ini berada di rumah.

Dan Kartu Pra Kerja sendiri dapat dimanfaatkan oleh pencari kerja, pekerja, atau pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). “Nantinya proses seleksi dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonenesia,” tuturnya.

Dijelaskan, calon penerima kartu Pra Kerja yang lolos nantinya akan menerima insentif dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 3.550.000. Yang terdiri dari Rp 1 juta diberikan untuk pelatihan online, Rp 2,4 juta diberikan dalam bentuk insentif pasca pelatihan selama 4 bulan dan Rp 150 ribu diberikan dalam bentuk insentif survei.

“Untuk informasi lanjut masyarakat bisa buka di alamat website www.prakerja.go.id,” jelasnya.

Ia berharap, program baik yang disediakan Pemerintah Pusat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pekerja. Baik yang telah mendapatkan insentif, maupun yang sedang menunggu untuk pendaftaran selanjutnya. (DHT)

Comment