by

Pelaksanaan RAT Ditunda Sementara

Ambon, BKA- Sesuai anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai wabah Corona, Pemerintah Kota Ambon tidak mengizinkan koperasi untuk melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon, Marthen Keiluhu menyebutkan, akibat pandemi Covid-19, untuk saat ini baru 26 koperasi di Kota Ambon yang melaksanakan RAT triwulan I tahun 2020 atau periode Januari-Maret 2020.

Dan untuk sejumlah koperasi lainnya yang hendak melaksanakan RAT, harus ditunda sesuai himbauan pemerintah. Karena jika agenda RAT dilaksanakan, pastinya akan menghadirkan masyarakat dalam jumlah banyak atau menimbulkan keramaian sehingga pelaksanaan RAT harus ditunda.

Mengingat, saat ini dengan adanya pandemi covid 19, kota Ambon sendiri sudah masuk dalam zona merah dan masyarakat terkhususnya koperasi dapat memahami masalah yang ada.

“Oleh sebab itu koperasi yang mau ajukan rapat tersebut kami minta ditunda. Karena terkait dengan hal itu,” tegas Keiluhu, saat dihubungi wartawan, Selasa (30/6).

Diakuinya, sejak dikeluarkannya surat edaran dari Walikota Ambon, Richard Louhenapessy maka pihaknya meneruskan ke koperasi-koperasi untuk pelaksanaan RAT ditunda, sampai ada pemberitahuan selanjutnya. Karena jika dipaksanakan untuk dilakukan, maka akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita dukung program pemerintah, mereka(koperasi) tidak melakukan rapat anggota. Atau mereka bisa jadi penyebab penularan,” tukasnya.
Keiluhu menilai, walaupun RAT tidak dilakukan namun koperasi tetap mempunyai tanggung jawab untuk tetap melaporkan laporan keuangan kepada anggota koperasi.

“Atau mereka juga bisa melaksanakan rapat terbatas. Artinya pengurus, pengawas dan perwakilan-perwakilan saja. Jadi tidak dalam rapat anggota seperti biasanya,” pesannya. (DHT)

Comment