by

Pelaku Seni Dapat Bantuan Balasa

Ambon, BKA- Sebanyak 1990 pelaku seni maupun komunitas seni di Kota Ambon, mendapatkan bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupa Bahan Lauk Siap Saji (Balasa). Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, di Balai Kota, Kamis (25/6).

Dalam sambutannya, Louhenapessy menyebutkan, bantuan Balasa tak hanya diberikan kepada para pelaku seni yang ada di Kota Ambon. Tetapi diberikan secara umum di Maluku dengan jumlah 3.747. “Di maluku ini ada kurang lebih 3.747. Di Kota Ambon sendiri, 1990 yang dapat bantuan,” ungkapnya.

Bantuan yang diberikan, kata dia, bukan merupakan bantuan dari pemerintah daerah sehingga isinya berbeda dengan yang diterima oleh keluarga terdampak Covid 19 yang ada di Kota Ambon.

“Bantuan ini berbeda dari bantuan yang diberikan pemerintah daerah kepada keluarga yang terdampak langsung. Bantuan ini diberikan secara khusus kepada komunitas seni dalam bentuk bahan lauk siap saji atau Balasa,” tuturnya.

Dengan begitu, Ia meminta kepada pelaku maupun komunitas seni untuk dapat berbangga. Karena di tengah pandemi yang terjadi saat ini, pemerintah pusat tetap memberikan perhatian penuh.

“Mungkin saudara lihat dari jumlahnya ini bantuan apa, tapi yang dimaksudkan dengan ini adalah bentuk komitmen dari kementerian terhadap pelaku seni. Di tengah kesulitan yang kalian hadapi, kementerian tidak tinggal diam,” tegasnya.

Untuk itu, pelaku maupun komunitas seni tetap dapat bertahan di tengah pandemi covid 19 yang melanda. Mengingat, Ambon juga telah dinobatkan oleh UNESCO beberapa waktu yang lalu sebagai salah satu Kota Musik Dunia dan seni juga merupakan hal terpenting.

Sehingga walaupun adanya covid 19 di Kota Ambon, lanjut dia, gelar yang diperoleh oleh Kota Ambon tetap dapat dibanggakan melalui karya seni yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. (DHT)

Comment