by

Pelayanan Dukcapil Dialihkan ke Website

Ambon, BKA- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon kembali mempermudah masyarakat untuk pengurusan administrasi kependudukan, khususnya pembuatan e-KTP. Yakni kembali mengalihkan pelayanan melalui website Dukcapil.

“Katong (Kita) sudah tidak pelayanan face to face (muka dengan muka) lagi. Tapi langsung lewat website disdukcapilambon.online, ” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Ambon, Marcella Haurissa, kepada wartawan, Senin (14/9).

Jadi dengan hal tersebut, kata dia, masyarakat bisa langsung mendaftarkan agar tidak perlu repot-repot datang mengantri di kantor Dukcapil. Bahkan bisa daftar lewat rumah atau tempat yang mempunyai akses internet.

“Semua bisa input dari rumah, kalau sudah selesai juga bisa print dari rumah. Nanti baru ambil asli di kantor, silahkan. Tapi untuk sementara mereka (masyarakat) bisa langsung print dari rumah, baik lewat email yang mereka kirim maupun lewat Whatsapp,” terang Marcella.
Sementara itu, tambah Marcella, untuk pengurusan surat keterangan maupun legalisir, masih diharuskan masyarakat ke kantor Dukcapil Ambon.

“Kalo surat keterangan masih tetap di kantor, keterangan, legalisir itu tetap datang di Kantor. Nanti kita akan atur, satu bulan mungkin 2 kali. Nanti bulan depan lai kita atur 2 kali,” jelasnya.

Sementara itu, pihaknya sudah melakukan pelayanan di Tribun lapangan Merdeka, Ambon, sebanyak 300 orang lebih yang datang untuk lakukan pengurusan administrasi kependudukan dengan pihaknya.

“Untuk 300 lebih, hari ini cuman yang pengambilan. Pengambilan yang hari Rabu kita pelayanan,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment