by

Pelayanan Kartu Kuning Dihentikan Sementara

Ambon, BKA- Akibat merebaknya wabah Covid-19 di Kota Ambon, banyak aktivitas maupun pelayanan yang dihentikan. Salah satunya pelayanan pembuatan kartu kuning, oleh Dinas Tenga Kerja (Disnaker) Kota Ambon.

Kepala Disnaker Kota Ambon, Godlief Soplanit mengatakan, untuk sementara waktu meniadakan pelayanan pembuatan Kartu Kuning (AK1) secara tatap muka. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Korona atau Covid-19. “Pelayanan Kartu Kuning di kantor, dihentikan dulu,” pungkas Soplanit, saat dihubungi wartawan, Kamis (14/5).

Menurut Soplanit, pembuatan Kartu Kuning tak hanya dihentikan secara tatap muka saja, tetapi pihaknya juga tidak menyediakan pembuatan kartu tersebut secara online. Dikarenakan, ada hal-hal teknis yang tidak bisa dikerjakan secara online, terutama untuk pembuatan kartu dimaksud. “Kami tidak melakukan pelayanan online, karena musti foto harus di kantor,” jelasnya.

Pembuatan kartu kuning juga, tidak dapat dilaksanakan secara online karena berkasnya harus di fotocopy dan dimasukan oleh para pencari kerja kepada petugas yang ada.

Tak hanya itu, saat ini juga, kemungkinan besar para pencari kerja tidak membutuhkan kartu kuning. Karena banyak perusahaan saat ini tidak membuka lowongan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Bahkan banyak karyawan yang di PHK, sehingga tidak menutup kemungkinan lowongan kerja menurun.

Untuk itu, pihaknya menghentikan sementara pembuatan Kartu Kuning, karena tidak terlalu dibutuhkan oleh para pencari kerja.
Selain itu, Ia menyebutkan, total pencari kerja (Pencaker) di Ambon pada tahun 2019 sebanyak 3.996 orang. “Otomatis mereka ini yang terdaftar melalui kartu AK 1 atau kartu kuning tersebut,” tutupnya. (DHT)

Comment