by

Pemain Baru Diminta Kejar Fisik Timnas Indonesia U-19

Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto meminta 12 pemain baru untuk cepat beradaptasi dengan situasi latihan bersama Garuda Muda.

Kepala Pelatih Shin Tae Yong memanggil 38 nama untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas U-19 di Jakarta mulai 16-23 November mendatang. Dari 38 nama, sebanyak tujuh pemain merupakan pemain yang pernah dipanggil sebelumnya seperti Rendy Juliansyah, Muhammad Fajar Fathur Rahman (Borneo FC) dan Risky Muhammad (Persija).
Sedangkan lima lainnya merupakan wajah baru di Skuat Garuda Muda yaitu Titan Agung Bagus (Arema FC), Kakang Rudianto (Persib), Alfrianto Nico (Persija), Genta Alparedo (Semen Padang) dan Syukran Arabia.
“Kondisi pemain dalam kondisi baik, tetapi pemain baru harus beradaptasi dengan situasi latihan ini. Secara fisik memang belum menyamai fisik pemain yang sudah TC di Kroasia kemarin. Kami berharap mereka bisa berlatih lebih maksimal untuk mengejar kondisi fisik dengan pemain yang sudah lama bergabung dengan tim,” kata Nova dikutip dari situs resmi PSSI, Senin (16/11).
Nova mengatakan bahwa pada hari pertama TC di Jakarta kali ini, pemain berlatih dengan intensitas sedang di Stadion Madya, Jakarta. Pada latihan perdana ini, pelatih Shin Tae-yong memantau anak asuhnya secara virtual karena masih berada di Korea Selatan.
“Hari ini pemain latihan naik-turun tangga serta sebagian melakukan skipping. Hal ini untuk menjaga endurance mereka, untuk naik-turun tangga sekitar 20 menit dan kita bagi dua dengan yang melakukan skipping,” ucap Nova Arianto.
TC di Jakarta merupakan lanjutan persiapan buat Timnas Indonesia U-19 jelang tampil di Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar di Uzbekistan Maret 2021. Selain itu, Garuda Muda juga akan tampil sebagai tuan rumah di Piala Dunia U-20 tahun depan.
“Pada TC kali ini kami lebih fokus untuk melihat mental pemain dalam menjalani semua program latihan yang diberikan oleh tim pelatih. Karena semua program latihan dari coach Shin Tae-yong adalah bagaimana pemain menjalani latihan itu dengan baik,” ujar Nova.
Sementara itu, pemain debutan di TC timnas U-19, Kakang Rudianto mengatakan bahwa ia sangat bangga dan antusias mengikuti TC kali ini. Ia bertekad untuk memberikan penampilan terbaik supaya bisa menembus skuat Timnas U-19.
“Latihan perdana ini cukup berat dan saya harus bisa mengimbangi intensitas latihan ini dengan kerja keras. Untuk adaptasi saya terus berkomunikasi dengan pemain yang lama atau pun yang baru dipanggil,” ucap Kakang. (INT)

Comment