by

Pembagian Rapor Sesuai Petunjuk Disdik

Ambon, BKA- Sesuai petunjuk Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, pembagian rapor tingkat SD akan dilakukan pada 20 Juni, besok.

Namun dalam prosesnya, tidak akan dilakukan pembagian rapor. Melainkan hanya menyampaikan hasil belajar siswa secara umum pada tahun ajaran 2019/2020, berupa, naik kelas atau tidak.

Kepala SD Negeri 67 Ambon, D. Iwamony, mengungkapkan, proses pembagian rapor siswa tetap akan diikuti oleh seluruh orangtua siswa. Namun tidak dilakukan secara tatap muka langsung, melainkan secara online.

“Jadi, nanti kita lakukan sesuai dengan petunjuk yang ada. Kita juga sudah ambil kebijakan untuk lakukan secara offline, untuk mengantisipasi, kalau ada orang tua yang tidak ikut secara online, maka para guru akan datangi langsung rumah masing-masing siswa untuk memberikan hasil belajar mereka selama satu tahun ajaran ini,” ujarnya.

Lantaran pembagian hasil evaluasi peserta didik itu dilakukan secara online, maka secara fisik rapor tidak langsung diberikan kepada orang tua. Melainkan hanya mengumumkan hasil keputusan evaluasi hasil belajar siswa selama kurang lebih satu tahun pelajaran.

“Karena secara online, sehingga tidak bisa langsung mengambil rapor. Teknisnya, nanti masing-masing wali kelas umumkan berapa yang naik kelas dan berapa yang tidak beserta dengan nama-namanya, untuk diketahui oleh masing-masing orangtua. Jadi, secara online, kita tidak umumkan nilai-nilai dari siswa, karena itu hanya di rapor. Begitu juga dengan orangtua yang nantinya secara offline, kita hanya bawakan keputusan kenaikan kelas saja. Bukan raport,” tutur Iwamony.

Semua yang dilakukan oleh sekolah, katanya, sesuai dengan petunjuk dari Disdik, guna mencegah adanya penyebaran virus kepada anak-anak, para guru dan orangtua. Sehingga tidak diijinkan untuk melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Pembagian rapor ini kan mengundang banyak orang. Karena itu, tidak mungkin kita berkumpul dalam jumlah yang banyakdi tengah penyebaran Covid-19 ini,” pungkasnya.(LAM/MG1)

Comment