by

Pembangunan Jembatan Satu dan Dua Dilanjutkan

Ambon BKA-Kodim 1505/Tidore kembali melanjutkan proses pembangunan Jembatan Satu dan Dua, di Desa Beringin Lamo, Kecamatan Maba Tengah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Provinsi Maluku Utara.

Sesuai rilis yang diterima dari Penerangan Kodam (Pendam) XVI/Pattimura, yang diterima BeritaKota Ambon, Senin (20/7), menyebutkan, pembanguna Jembatan Satu dan Dua menjadi sasaran TMMD ke 108 yang digelar Kodim 1505/Tidore.

Sebelumnya proses pembangunan jembatan itu sempat terhenti karena menuai banyak kendala akibat berbagai faktor. Mulai dari ambruknya fondasi jembatan, karena derasnya aliran air sungai akibat tingginya curah hujan, hingga sulitnya memperoleh material.

Kondisi yang dihadapi itu membuat masyarakat Desa Beringin Lamo maupun anggota satgas TMMD 108, yang bekerja membangun jembatan itu menjadi harap-harap cemas.

Bagaimana tidak, saat proses pekerjaan berlangsung, tiba-tiba hujan turun dengan deras. Sehingga dikhawatirkan, campuran material semen ,kerikil dan pasir yang siap, terancam rusak karena kelebihan genangan air.

Kondisi itu membuat pekerjaan pembangunan jembatan itu, tertumpu pada satu fokus. Bagaimana menyelamatkan campuran material yang sudah siap itu dimasukkan dalam wadah yang sudah dibentuk untuk pengecoran fondasi jembatan.

Namun upaya keras masyarakat dan Anggota TMMD akhirnya membuahkan hasil. Setelah menunggu beberapa hari dan hanya melakukan pekerjaan yang ringan, kini fondasi jembatan pun mengering dan kokoh.

Pekerjaan dilanjutkan lagi dengan menempatkan kayu kerikis ukuran 20×20 dan papan ukuran 4 meter sebagai bantalan jembatan. Alhasil dari pekerjaan tersebut telah memasuki tahap 90 persen. Pencapaian itu melebihi target yang ditentukan. (Pendam16)

Comment