by

Pembelajaran Sistem Gurling Terus Dilakukan

Ambon, BKA- Kepala SD Kristen Teologi Suli, Sintdje Ratila, mengatakan, masih tetap melakukan pembelajaran sistem Guru Keliling (Gurling) bagi anak-anak didiknya.

Sejak sekolah tersebut mempberlakukan sistem pembelajaran tersebut pada 31 Agustus lalu, sistem tersebut dinilai dapat menjawab kebutuhan belajar siswa ditengah pandemi Covid-19 ini.

“Jika dibandingkan Gurling ini dengan pola yang lain, justru anak-anak bahkan orangtua lebih memilih untuk Gurling. Karena itu, kita tetap lakukan Gurling sampai ada petunjuk selanjutnya dari dinas,” kata Ratila, Jumat (20/11).

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini, pihaknya belum bisa menerapkan pola pembelajaran yang membutuhkan biaya atau lainnya. Sebab, rata-rata anak-anak didiknya berasal dari keluarga tidak mampu.

“Kita memang tidak bisa belajar Daring, karena dapat membuat anak-anak tidak belajar dengan baik. Jadi meskipun sebenarnya guru banyak tugas dan tanggungjawab karena harus turun keliling untuk mengajar, kita tetap lakukan Gurling. Puji Tuhan, anak-anak masih tetap belajar dengan baik,” ungkapnya.

Meskipun Gurling tetap berjalan, namun dia berharap agar secepatnya pendemi Covid-19 ini cepat berakhir, supaya anak-anak kembali belajar di sekolah. Karena jika anak semakin lama belajar di rumah, dapat berpengaruh bagi proses peningkatan kualitas maupun pertumbuhan karakter mereka.

“Sekolah ini kan sebenarnya lebih dikhususkan bagi anak-anak yang tidak mampu, yang putus sekolah, atau yang tidak ada orangtua. Jadi, kita menerima siapa saja dengan bermacam-macam kekurangan. Dan itu sudah kita lakukans sejak lama. Dengan kondisi ini, pasti semakin sulit. Jadi menurut saya, pola belajar yang sesuai bagi mereka adalah Gurling. Tinggal bagaimana kita menjaga supaya tetap bebas dari penyebaran virus. Tapi saya pun tidak menjamin Gurling tetap berjalan maksimal, kalau pandemi ini terus berkepanjangan. Untuk itu, saya terus berdoa, agar pandemi ini cepat selesai. Supaya anak-anak tetap belajar dengan baik,” tandasnya. (LAM)

Comment