by

Pembukaan Festival Film Indonesia 2020 Digelar Virtual

Jakarta, BKA- Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar Festival Film Indonesia atau FFI. Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, pembukaan Festival Film Indonesia ke-40 ini digelar secara online.

Mengusung tema “Satu Hari Satu Hal Baik Film Indonesia”, FFI 2020 diharapkan bisa menjadi wujud kebaikan bagi insan perfilman Indonesia. Melalui sambutannya, Nadiem Makarim pun menyampaikan dukungannya.

“Saya mengapresiasi dan mendukung insan perfilman Indonesia yang bersama Kemendikbud terus merayakan karya-karya Indonesia dan menjadikan FFI wadah kreasi di tengah pandemi Covid-19,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melalui konferensi pers virtual FFI 2020, Selasa (16/06/2020).

Mendikbud menyampaikan dengan gotong royong kreativitas, perfilman Indonesia pasti bisa melalui masa sulit ini. Diharapkan, peluncuran FFI 2020 menjadi wadah untuk terus semangat berkarya dan optimisme menuju pemajuan kebudayaan.

“FFI bukan hanya milik segelintir orang tapi seluruh insan perfilman dan masyarakat Indonesia,” kata Nadiem Makariem.

“Film Indonesia sudah menjadi bagian dari hidup kita dan menjadi sumber inspirasi, terutama dalam menghadapi situasi sulit. Perannya sangat penting dalam menjaga kita agar tetap optimis dan bahagia,” lanjut Nadiem Makarim.

Penyelenggaraan FFI tahun ini pun akan tetap digelar meski di tengah suasana pandemi Covid-19. Seperti biasanya, festival tersebut akan digelar pada penghujung tahun.

“Malam anugerah kita siapkan alternatif. Digelar langsung atau virtual. Yang jelas malam anugerah sudah kita tetapkan 5 Desember 2020, (pembacaan) nominasi di 7 November. Pemutaran film pun bisa virtual atau langsung tapi dengan menerapkan protokol kesehatan dan jumlah peserta terbatas,” ujar Lukman Sardi, Ketua Komite FFI 2020. (INT)

Comment