by

Pemerintah Desa Batu Merah Dorong Pengembangan Usaha Kuliner

Ambon, BKA- Mendorong pengembangan desa melalui pemanfaatan potensi lokal dari masyarakat, terus dilakukan Pemerintah Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Salah satunya, potensi ragam kuliner yang selama ini menjai ikon tersendiri bagi desa ini.
Sekertaris Desa Batu Merah, M Arlis Lisaholet mengungkapkam, setiap potensi warga akan di tampung lalu di kelompokan sesuai dengan jenisnya. Pemerintah Desa akan membantu mengembangkan kelompok itu, melalui pemberian modal. Semua aspirasi warga akan di tampung lalu, dikelola melihat sesuai dengan anggaran yang ada. aspirasi yang menjadi skala prioritas akan diangkat lalu di kembangkan pemerintah desa.

” Ada pemberdayaan bagi beberapa kelompok, termasuk kuliner. Mulai dari pelatihan dan modal atau bahan baku usaha kami biayai. Tentu ada skala prioritas kemudian kita pertimbangkan dari sisi anggaran, ketika sudah difinalisasi maka akan di realisasikan,” lanjut Lisaholet.

Desa yang terletak di Kecamatan Sirimau Provinsi Maluku ini, memiliki banyak sekali jajanan yang di jual. ditambah dengan lokasi yang strategis dikeramaian jalan Kota Ambon, membuatnya mudah untuk dijangkau.
” Jadi mengenai kuliner memang Batu Merah tempatnya, bahkan rata-rata para penjual d dominasi ibu rumah tangga. Sehingga bisa menghasilkan kuliner yang diolah sendiri oleh masyarakat desa kami.,‚ÄĚtambah Ajat Sudrajat, Ketua RW 01 Desa Batu Merah.
Penjual kuliner sendiri mengaku bahwa mendapat banyak keuntungan dari penjualan kuliner. Setaip hatinya, keuntungan yang diperoleh bisa mencapai Rp 100 ribu, mendapat hingga seratus ribu rupiah. bukan saja beli di tempat namun ada juga pemesanan dari berbagai tempat.

” Keuntungan yang di perolah lumayan namun saat covid-19 kami mengalami penurunan omset. kalau sebelum corona jika jualan tidak habis terjual masih ada pesanan yang datang dari kantor dan sekolah. kalau hari biasa keuntungan kita bisa sampai 100 ribu per hari. Namun pasca corona pemasukan hanya berkisar puluhan ribu saja,” tutur Suhesi Salman, Salah satu penjual kuliner.
Nmaun, terkait dukungan dari Pemerintah Desa menyediakan stan-stan untuk membantu mengenalkan jualan kita agar banyak yang minati. Saya sendiri sudah mempunyai langganan tetap dari berbagai intansi kantor dan sekolah. Selain itu juga mereka menyediakan tempat dan ijin untuk kami berjualan di depan jalan sini,” lanjut Suhesi.
Suhesi berharap agar pandemi ini cepat berlalu agar dia dan teman penjual kuliner lainnya bisa berjualan dan mendapat omset seperti sedia kala. Ia juga berharap ke depannya, pemerintah lebih memperhatikan Desa Batu Merah selaku desa yang memajukan kuliner. (MG-1)

Comment