by

Pemkab Aru Lakukan Safari Ramadhan

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Aru melaksanakan Safari Ramadhan, ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Memang, Safari Ramadhan merupakan salah satu agenda tahunan yang terus dilakukan oleh Pemkab Kepulauan Aru pada setiap bulan suci Ramadhan.

Panatuan BeritaKota Ambon, Jumat (8/5), pekan kemarin, Safari Ramadhan yang digelar Pemkab Kepulauan Aru sedikit berbeda dari Safari Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kali ini, rombongan yang disertakan pada kegiatan Safari Ramadhan tersebut jauh lebih sedikit. Selain itu, tidak ada agenda buka puasa bersama sebagaimana tahun sebelumnya.

Waktu kunjungan tim Safari Ramadhan ke suatu masjid juga dipersingkat. Mereka hanya melakukan pertemuan terbatas dengan imam dan pengurus mesjid.

Karena yang menjadi tujuan utama pada pelaksanaan Safari Ramadhan 1441 Hijriyah ini, yakni, pemkab tetap menjaga silaturahmi dengan masyarakat.

Namun pada Safari Ramadhan itu juga, Pemkab Kepulauan Aru memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat, yang secara simbolis diserahkan kepada masing-masing imam mesjid.

Semua itu dilakukan agar silaturahmi antara pemerintah tetap terjaga, namun tidak mencederai amanat protokol pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, mengatakan, Safari Ramadhan yang digelar Pemkab Kepulauan Aru di Mesjid Jami Al Muhajirin, Mesjid Al-Anshor, Mesjid Jami Al Amanah, Mesjid Al-Jan’nah dan Mesjid Nurul Hayat, pada intinya untuk kembali mengingatkan masyarakat agar tetap mengikuti himbauan pemerintah, diantaranya, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Ya, mudah-mudahan ibadah di bulan suci ini tetap lancar, namun jangan lupa tetap pada protokol yang dianjurkan pemerintah, sehingga langkah pencegahan Covid-19 juga terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Bupati Johan Gonga juga atas nama pribadi dan Pemkab Kepulauan Aru mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1441 H bagi masyarakat Aru yang sementara menjalankan ibadah puasa, semoga ibadah puasanya dapat membawa keberkahan. Sehingga dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT.

Lebih lanjut, katanya, semoga bantuan yang diberikan dapat sedikit meringankan beban masyarakat. Memang jumlahnya tidak banyak, namun itu merupakan bentuk kepedulian dan kebersamaan pemerintah dengan rakyat.

“Saya atas nama pribadi dan Pemda Aru mengucapakan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT. Saya harap, nantinya pengurus mesjid yang mengatur mekanisme pembagian sembako itu. Intinya, kita punya basudara yang sangat membutuhkan seperti ibu janda dan lansia harus kebagian,” pintahnya.

Salah satu imam masjid, Haji Arifin, dalam kunjungan Safari Ramadhan Pemkab Kepulauan Aru itu menuturkan, bagi masyarakat, bantuan yang diterima tidak dilihat dari jumlah atau besar-kecilnya bantuan, banyak atau sedikit, akan tetapi masyarakat memang membutuhkan perhatian pemerintah daerah, terutama bagi mereka yang memang sangat membutuhkan.

“Kondisi seperti ini tentunya kami harapkan. Tidak hanya sebatas di bulan Ramadhan ini saja, tapi diluar bulan Ramadhan juga pak Bupati dan para pejabat di lingkup Pemerintah Daerah ini. Jika ada kesempatan, datang untuk mendengar hati kami. Kehadiran bapak-bapak saja sudah membuat kami senang dan kami akan bangga, bahwa seorang pejabat bisa dengan masyarakat bawa seperti kami ini,” tutur Arifin.

Diketahui, tim Safari Ramadhan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, didampingi Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Kepala Bank Maluku-Malut Dobo, Kepala Bank Modern Express Dobo, Kepala BPBD dan Kabag Kesra dan Kabag Humas dan Protokoler. (WAL)

Comment