by

Pemkot Diminta Perhatikan Korban Longsor

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon diminta lebih memperhatikan masyarakat yang terdampak bencana longsor akibat musim penghujan di Kota Ambon. Karena ditakutkan, terjadi bencana susulan jika tidak disikapi serius oleh Pemerintah Kota.

Hal ini ditegaskan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Gerald Mailoa, usai meninjau salah satu titik longsor yang menimpa keluarga Wempi Lesnusa di RT.002/RW.04 Batubulan, Kawasan Batu Gajah, kecamatan Sirimau, Senin (17/7).

Dikatakan, beberapa titik yang ditinjau bersama sejumlah anggota Komisi I DPRD, hanya diberikan terpal seadanya. Bahkan ada beberapa rumah warga yang tidak diberikan bantual terpal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon.

“Selaku wakil rakyat, tadi (kemarin) kita sudah turun ke lapangan untuk meninjau situasi yang terjadi. Ternyata banyak titik longsor di kawasan Batugajah. Maka itu kita minta pemerintah kota segera mempertahatikan warga yang jadi korban longsor,” pinta Mailoa, kepada wartawan usai tinjauan.

Menurut dia, jika titik longsor yang ada tidak diperhatikan, takutnya akan terjadi longsor lanjutan. Mengingat kondisi Kota Ambon saat ini masuk pada puncak musim penghujan.

“Pemerintah harus segera perhatikan itu. Takutnya terjadi bencana susulan dan berdampak ke warga sekitar,” ujar dia.

Ketua Fraksi PDIP Kota Ambon ini mengaku, akan mengusulkan persoalan ini untuk dibahas Komisi I DPRD dengan BPBD Kota Ambon. Agar dapat kembali meninjau lokasi titik longsor dan kemudian mengidentifisikasi bencana tersebut.

“Komisi I akan panggil BPBD selaku mitra untuk segera tinjau lokasi bencana kemudian mengidentifikasi. Saya harap Pemerintah Kota perhatikan itu. Jadi bukan saja kawasan Batugajah, tetap semua warga Ambon yang terdampak longsor. Harus segera dieksekusi bagi keluarga terkena dampak,” pintanya. (UPE)

Comment