by

Pemkot Kebagian Alat Pendeteksi Gempa

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon saat ini telah memperoleh alat pendeteksi gempa bumi dan tsunami dari BMKG Stasiun Geofisika Ambon. Alat pendeteksi yang diperoleh tersebut direncanakan akan dipasang di Kota Ambon.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi saat menyerahkan alat Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) atau Sistem Penerima Peringatan Generasi Baru kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, yang berlangsung di Unit Layanan Administrasi (ULA) Balai Kota Ambon, Sabtu (21/6).

Dalam sambutannya, Sunardi mengatakan, sejak tahun 2008 lalu BMKG sudah memasang sebanyak 275 peralatan WRS di Indonesia. Namun, namun masih banyak lagi yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah dan kantor lembaga/kementerian terkait.

Maka di tahun ini, BMKG kembali memasang WRS generasi terbaru di 315 lokasi termasuk 14 lokasi di Maluku. Dari belasan WRS New Gen itu, akan dipasang di Balai Kota Ambon.

Pasalnya, tragedi bencana gempa bumi yang terjadi di Kota Ambon pada September 2019 lalu, telah menimbulkan banyak korban jiwa hingga kerugian harta benda yang tak ternilai harganya.

Dengan begitu, upaya mitigasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah, adalah dengan menambah salah satu alat diseminasi warning receiver system (WRS) yang diserahkan oleh BMKG.

Dikatakan, alat WRS yang diberikan tersebut telah menggunakan teknologi terbaru yang memiliki nama WRS New Gen. Dan merupakan peralatan penerima informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami berupa smart display.

“Kita menjamin stakeholder menerima informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami untuk mengambil langka penting selanjutnya. Perbedaan dan kelebihan new generation adalah informasi gempa bumi realtime. Ini memberikan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami yang secara cepat, karena bersifat real time otomatis dari BMKG dengan waktu kurang dari 3 menit,” sebut Sunardi.

Selain alat yang diberikan, pihaknya berharap Pemerintah Kota dapat mengambil kebijakan saat penanganan gempa bumi di Kota Ambon.

“Percepatan penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami ini, memastikan stakeholder khususnya pemangku kepentingan kebencanaan dapat mengambil langkah penting selanjutnya secara cepat dalam penanganan bencana. Sehingga memberi manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat Ambon dari bencana,” pintanya.

Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, pada kesempatan yang sama menambahkan, BMKG telah menyerahkan sebuah WRS yang sangat bermanfaat untuk kota Ambon. Dimana alat dimaksud akan digunakan untuk mendeteksi secara dini gempa bumi dan tsunami di Maluku, khususnya Kota Ambon.

“Alat ini bukan dilihat dari harganya tetapi soal manfaatnya. Alat ini juga sangat penting, karena akhir-akhir ini terjadi gempa bumi cukup banyak.

Terakhir itu di pulau Seram dan Buru Selatan. Atas nama Pemerintah Kota dan masyarakat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada BMKG yang telah menyerahkan sebuah perangkat sangat bermanfaat. Ini bisa memberikan informasi lebih awal kepada masyarakat apakah itu berpotensi tsunami atau tidak,” tutup Politsi PPP ini. (DHT)

Comment