by

Pemkot Kembali Perpanjang WFH

Ambon, BKA- Kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Ambon kembali diperpanjang hingga tanggal 29 Mei 2020. Kebijakan ini sebagai respon atas upaya pencegahan perluasan penyebaran Covid-19 di kota Ambon.

Yakni tertuang dalam surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 54/2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Surat Edaran Menteri PANRB No. 19/2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Lingkungan Instansi Pemerintah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BPKSDM) Kota Ambon, Benny Selanno mengatakan, perpanjang masa kerja ASN kembali dilakukan setelah sebelumnya telah dilakukan perpanjang WFH.

“Perpanjang ASN kerja dari rumah sampai dengan 29 Mei 2020. Awalnya itu hanya sampai dengan 14 Mei 2020,” terang Selanno, saat dihubungi koran ini, Sabtu (16/5).

Menurutnya, dengan adanya perpanjangan WFH, akan ada pengedaran surat yang diterima kepada seluruh ASN untuk dapat ditindaklanjuti.
“Kita akan mengedarkan surat edaran dari Pemerintah Pusat bagi seluruh ASN di Kota Ambon, terkait dengan diperpanjangnya masa kerja ASN dari rumah,” tuturnya.

Untuk sistem kerjanya, kata dia, seperti sistem kerja awal yang pengaturan kerja diatur masing-masing Organissi Perangkat Daerah (OPD) maupun instasi terkait di lingkup Pemerintah Kota Ambon. “Kita punya sistem kerjanya seperti biasa yang sudah dilakukan ASN,” tambahnya.

Selanno berharap, ASN yang berada dilingkup Pemerintah Kota dapat mengikuti aturan yang ditetapkan. Mengingat saat ini, ASN dirumahkan untuk meminimalisir penyebaran covid 19 di Kota Ambon.

Karena adanya aktivitas yang ramai, akan semakin memperbesar penyebarannya dan menambah angka orang yang terkonfirmasi covid 19.
Dijelaskan, Covid 19 sendiri saat ini menjadi virus yang menakutkan karena tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Bahkan penyebarannya cukup cepat dari manusia satu ke manusia lainnya.

Dengan begitu, ASN harus tetap berada di rumah dan bekerja sesuai arahan yang diberikan. Dan tidak keluar rumah saat tidak ada kepentingan mendesak. (DHT)

Comment