by

Pemkot Kembali Terima Bantuan APD

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon kembali menerima bantuan berupa alat perlindungan diri (APD) yang disalurkan pihak hotel Sumber Asia, Rizal Effendi. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy di Balai Kota, Senin (29/6).

Dalam sambutannya, Walikota Ambon, Richard louhenapessy memberikan apresiasi kepada pihak hotel Sumber Asia, selaku pihak swasta yang mau membantu pemerintah dalam penanganan Covid 19 di Kota Ambon.

“Bantuan APD buat para petugas kesehatan, Saya pasti berikan apresiasi kepada Pak Rizal dengan motivasi yang tadi telah disampaikan. Ini sebetulnya dalam pemahaman kita hukum tabur tuai ini, ya kita menabur kita menuai dan seterusnya. Ini yang diimplementasikan oleh pak Rizal dalam implementasi bantuannya,” jelas Louhenapessy.

Menurutnya, tak hanya pemerintah tetapi juga ada pihak swasta yang berperan penting dalam penanganan Covid 19 di Kota Ambon. Dengan adanya bantuan yang diberikan, akan sangat membantu petugas medis yang berhubungan langsung dengan pasien covid-19.

Petugas medis sangat membutuhkan APD, karena menjadi garda terdepan baik yang berada di puskesmas maupun yang bertugas langsung merawat pasien positif covid 19.

“Atas nama Pemerintah Kota, ini betul-betul contoh yang baik yang ditunjukkan oleh pak Rizal. Ya buat kita dan buat yang lain,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, hotel sumber Asia sendiri telah mematuhi aturan dari pemerintah dengan melakukan penutupan usaha perhotelan tersebut. Dan itu menjadi contoh yang baik kepada pengusaha lainnya dalam memutus mata rantai Covid 19 di Kota Ambon.

Dikatakan, pihak hotel Sumber Asia yang juga telah membantu pemerintah dalam penanganan Covid 19 dengan menyediakan ruangannya untuk membantu masyarakat maupun tenaga medis. Maka pihak swasta harus dapat berperan membantu pemerintah maupun menjalankan aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

Mengingat, pihak swasta harus menyadari tanggung jawab penanganan covid 19 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi menjadi tanggung jawab bersama.

“Ini bukan saja tanggung jawab dari pada pemerintah. Ada 5 komponen utama yang turut bersama-sama, diharapkan bisa saling membantu. Yang pertama pemerintah selaku penggerak dan penuntun, kemudian memberikan himbauan ajakan dan melaksanakan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan telah diatur oleh undang-undang kepada rakyat dan masyarakatnya,” terangnya.

Sementara itu, Pimpinan Hotel Sumber Asia, Rizal Effendi menyatakan, bantuan yang diberikan sebagai bentuk kepedulian dari pihaknya dalam membantu pemerintah menangani covid 19.

Ia mengatakan, bantuan diberikan dari hasil jerih payahnya diharapkan mampu membantu tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan covid 19 di Kota Ambon.

“Anak saya juga dokter dan ini saya kasih untuk dapat membantu pemerintah dan semoga bermanfaat,” harapnya. (DHT)

Comment