by

Pemkot Komitmen Lawan Covid-19

Ambon, BKA- Hingga memasuki PSBB Transisi tahap V, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon makin komitmen dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kota Ambon. Yakni lebih mengedepankan protokol kesehatan, hingga menindak tegas masyarakat yang melanggar.

Informasi yang dihimpun koran ini di lapangan, Rabu (16/9), berbagai upaya guna memutus penyebaran wabah ini terus dilakukan. Yakni sejak aturan PSBB murni diterapkan hingga masuk PSBB transisi tahap V saat ini.

Pemkot dalam PSBB jilid V, masih melibatkan anggota TNI-Polri, Satpol-PP, Dinas Perhubungan Kota Ambon dan stakeholder lainnya. Para petugas gabungan ini, diminta untuk menindak masyarakat yang tidak patut terhadap aturan protokol kesehatan.

Di lapangan, para para petugas ikut memantau kebijakan yang diturunkan ke masyarakat selama PSBB diberlakukan. Yakni terkait jumlah pembatasan jumlah penumpang angkot maupun mobil pribadi. Terlebih bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat di luar rumah.

Dan ketika kedapatan ada yang tidak menggunakan masker, akan langsung diberikan sanksi berupa pushup kurang lebih 10 kali. Dan jika tidak mampu menjalankan sanksi tersebut, maka wajib membayar denda.

Selain itu, masyarakat diajak untuk bisa menaati aturan protokol kesehatan, guna menjauhi penyebaran Covid-19.

Hal tersebut ditegaskan Pemkot, untuk menyadarkan masyarakat agar tidak tertular Covid-19. Dan bisa dengan cepat mmembasmi pergerakan Covid-19 kepada masyarakat yang belum terpapar.

“Petugas gabung ini, menjalankan operasi yustisi atau patuh pada aturan protokol kesehatan tersebut, disejumlah titik yang dipusatkan. Baik di dalam kota, maupun sekitarnya,” tandas Jubir Penangan dan Pencegahan Gustu Covid-19 Ambon, Joy Adriansz baru baru ini.

Waktu operasi yang dilakukan tim gabungan pada PSBB transisi kali ini, dimulai sejak pagi hari hingga larut malam. Setelah itu, tim memastikan aktivitas masyarakat sudah mulai sepi, baru bisa rehat sejenak, sembari menunggu fajar kembali terbit.

Sekedar tahu, operasi dimaksud berjalan sejak Senin, tepatnya hari pertama PSBB jilid V. Dan dihari kedua, Walikota Ambon, Ricard Louhenapessy berasama Sekertaris Kota Ambon, A G Latuheru juga ikut turun lapangan memberikan penindakan kepada masyarakat yang belum sadar tentang pentingnya protokol kesehatan. “Pakai masker, ” tegur Richard, ke salah satu pengendara motor. (BKA-1)

Comment