by

Pemkot Matangkan Usulan PSBB

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon terus matangkan usulan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk kota Ambon, lewat koordinasi yang dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten sekitar.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid 19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengaku, saat ini pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pemerintah kabupaten sekitar Kota Ambon, seperti Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Buru dan Buru Selatan (Bursel).

Hal tersebut kata dia, dilakukan untuk memastikan seluruh kabupaten yang berada di sekitar Kota Ambon siap dengan kondisi yang akan dihadapi saat pemberlakuan PSBB diterapkan.

“Barusan sudah dilakukan koordinasi dengan kabupaten yang ada di sekitar Kota Ambon, seperti Maluku Tengah, SBB, SBT, Buru dan Bursel,” tandas Joy, kepada wartawan usai rapat tertutup yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin (4/5).

Menurutnya, beberapa kabupaten tersebut, harus mempunyai kesiapan yang sama dengan Kota Ambon saat nantinya dilakukan PSBB. Mengingat PSBB yang dilakukan akan membatasi pergerakan dari banyak aspek.
“Diharapkan pada saat pemberlakuan PSBB, semua kabupaten dan kota yang di sekitar kota Ambon juga sudah siap untuk melakukan pelaksanaan PSBB,” tuturnya.

Dikatakan, untuk PSSB sendiri sudah diusulkan diterapkan di Kota Ambon oleh Pemerintah Kota Ambon melalui Pemerintah Provinsi Maluku kepada Kementerian Kesehatan.

Pasalnya, Ambon sendiri telah ditetapkan zona merah berdasarkan dari data Kementerian Kesehatan beberapa waktu yang lalu.
“Jadi kita sudah mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan lewat Pemerintah Provinsi Maluku,” bebernya.

Ia melanjutkan, pengusulan akan dilakukan saat koordinasi tersebut sudah selesai. Karena saat ini Pemerintah Provinsi Maluku juga akan melakukan koordinasi dengan Kabupaten lainnya yang ada di Maluku terkait usulan PSBB.

“besok (hari ini) akan dilakukan koordinasi oleh Gugus Tugas Provinsi dengan Kabupaten Kota yang lain,” imbuhnya.

Sebelumnya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengakui, Ambon sudah siap untuk memberlakukan PSBB karena sudah ada 4 aspek yang siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di Kota Ambon.
Yakni terkait penyebarannya, kebutuhan dasar masyarakatnya, kesiapan keuangan, dan terkait operasionalnya.

Untuk penyebarannya, harus dilakukan PSBB karena saat ini kasus yang bertambah berasal dari penularan pasien yang berasal dari orang diluar rumah.

Sedangkan untuk masalah kebutuhan dasar, Kota Ambon sudah siap untuk PSBB karena stok pangan telah terjamin dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama PSBB.

Diakuinya, Pemerintah Kota juga sudah siap dari sisi keuangan daerah dan dapat memenuhi kebutuhan dan jalannya pemerintahan di Ambon.
Dan untuk operasional, lanjutnya, sudah dilakukan penutupan penerbangan maupun pelayaran yang ke Ambon maupun keluar Ambon.

“Dan yang keempat soal operasional karena secara fakta kita sudah melaksanakan tidak ada lagi penerbangan dan pelayaran, lalu oleh Dinas Perhubungan Kota kita juga sudah memblokir titik masuk dari Ambon,” terangnya. (DHT)

Comment