by

Pemkot Salurkan Bantuan Sembako Tahap III

Ambon, BKA- Bantuan sembilan bahan pokok (sembako) untuk tahap III, telah disalurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Sebelumnya, pembagian sembako tahap I dan II telah dilakukan pada April 2020.

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon, R. Jelelep mengatakan, bantuan sembako tahap III yang diserahkan telah mencakup 12 kelurahan yang ada di Kota Ambon.

“Jumat kemarin, kita salurkan ke lima kelurahan. Kemarin juga dua kelurahan, dan hari ini kita salurkan ke lima kelurahan lainnya. Hingga total bantuan sembako tahap tiga sudah tersalurkan ke 12 kelurahan di Kota Ambon dengan total 1.655 paket,” tandas Jelelep, di Ambon, Sabtu (30/5).

Menurutnya, pembagian sembako tahap III sebanyak 1.655 paket meliputi, Kelurahan Silale 125 KK, Kelurahan Amantelu 90 KK, Kelurahan Waihaong 32 KK, Kelurahan Honipopu, 116 KK, Kelurahan Uritetu 62 KK, Kelurahan Tihu 13 KK, Kelurahan Nusaniwe 478 KK, Kelurahan Lateri 113 KK, Kelurahan Batu Gajah 154 KK, Kelurahan Karpan 151 KK, Kelurahan Waihoka 179 KK dan Kelurahan Mangga Dua 142 KK.

Sementara itu, Kepala Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Dinas Sosial Kota Ambon, Maximillian Hatu menjelaskan, pembagian sembako tahap III dikhususkan bagi masyarakat terdampak yang belum menerima bantuan dari pemerintah.

Bantuan sembako yang disalurkan Pemkot Ambon merupakan bagian dari jaring pengaman sosial yang dirancang pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak langsung secara ekonomi
“Tahap III dikhususkan bagi masyarakat terdampak, yang sama sekali belum menerima bantuan. Baik tahap pertama, kedua maupun bantuan lainnya,” imbuhnya.

Hatu berharap, pendataan yang dilakukan mulai tingkat RT, dilakukan secara teliti sehingga masyarakat yang terdampak secara ekonomi dapat terakomodir dengan baik.

Pasalnya, kata dia, sesuai arahan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, seluruh masyarakat yang ada di kota Ambon harus mendapatkan bantuan sosial yang dikucurkan pemerintah akibat Covid-19.

“Sesuai arahan pak Walikota, bahwa tidak boleh ada masyarakat di Kota Ambon yang kelaparan saat pandemi Covid-19,” tegasnya.

Dia berharap, pihak RT dapat lebih teliti dalam melaporkan anggota masyarakatnya yang belum mendapatkan bantuan hingga saat ini. Agar pembagian sembako yang diberikan dapat menjangkau seluruh masyarakat yang ada.

“Kami sangat berharap, pihak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yaitu RT, untuk melakukan pendataan yang cermat. Sehingga bantuan yang diberikan pemerintah dapat benar-benar tepat sasaran,” pintanya. (DHT)

Comment