by

Pemkot Siapkan Perwali PSBB Transisi

Ambon, BKA- Usai pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II, Pemerintah Kota Ambon akan melanjutkan pemberlakukan PSBB transisi selama 2 minggu kedepan. Dan sementara sedang mempersiapkan peraturan walikota (Perwali) untuk menindaklanjuti PSBB tersebut.

Kabag Hukum Pemkot Ambon, Jhon Slarmanat mengaku, Perwali sementara disiapkan sebelum pelaksanaan Perwali sebagai bentuk payung hukum sebagai adanya pelaksanaan PSBB transit.

Dikatakan, sebelum pelaksanaan PSBB tahap I, Pemerintah Kota telah mengeluarkan Perwali nomor 18 tahun 2020. Sementara untuk PSBB tahap II, Pemerintah Kota juga mengeluarkan Perwali nomor 19 tahun 2020.
Dengan begitu, untuk melandasi penerapan PSBB transisi juga akan dibuat regulasi berupa Perwali agar memiliki payung hukum.

“Pasti ada karena itu dasar. Jadi pelaksanaan itu tetap ada regulasi sebagai payung hukum dan itu juga akan diatur dengan Perwali sebagai payung hukum pelaksanaan sebagai kebijakan penanganan covid 19 ini,” terang dia kepada wartawan, di Balai Kota, Jumat (17/7).

Menurutnya, untuk pelaksanaan PSBB transisi sendiri nantinya ada evaluasi kajian epidemiologi untuk melihat lagi kebijakan yang dapat diambil oleh pemerintah, untuk penanganan covid 19 di Kota Ambon saat ini.

Kajian tersebut akan diberikan kepada Pemerintah Kota Ambon melalui Gugus Tugas dan akan diteruskan ke Gugus Tugas Provinsi. Untuk bersama-sama memutuskan langkah baik dalam penanganan covid 19 di Kota Ambon, terutama dalam pemberlakuan PSBB maupun PSBB transisi.

“Jadi nanti setelah ini ada evaluasi kajian epidomologinya, lalu kemudian kebijakan Gugus Tugas menyampaikan itu ke Gugus Tugas Provinsi untuk mengkaji itu. Bersama dengan kajian penilaian epidomologi baru diambil sebuah langkah kebijakan,” paparnya.

Untuk setiap pelaksanaan PSBB transisi, Pemerintah Kota tetap akan mengeluarkan suatu peraturan sebagai dasar payung hukum yang dapat ditaati seluruh masyarakat maupun elemen lainnya. “Yang pasti ada regulasi sebagai dasar payung hukum untuk pelaksanaan itu,” tambahnya.
Sebelumnya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, PSBB tahap II akan berakhir pada tanggal 19 Juli besok. Dan akan dilanjutkan dengan PSBB transisi karena menilai kasus covid 19 di Ambon sudah mulai menurun.

Dengan begitu, PSBB transisi akan dapat dilaksanakan dengan mengacu pada hasil dari penerapan PSBB sebelumnya.

“Kemungkinan untuk pelaksanaan psbb transisi sangat kuat sekali karena dari dua kali psbb yang kita laksanakan cenderung ini kasus semakin menurun,” tambahnya. (DHT).

Comment