by

Pemkot Tunda Pemilihan RT

Ambon, BKA- Tak hanya dampak ekonomi yang dialami masyarakat akibat pandemi Covid-19. Wabah ini juga berpengaruh terhadap pemilihan para ketua Rukun Tetangga (RT) di Kota Ambon. Sehingga pemilihan RT telah ditunda untuk sementara waktu.

Penundaan pemilihan RT ini ditujukan bagi para RT yang belum dilakukan pemilihan oleh masyarakat yang ada. Dengan tujuan untuk meminimalisir penyebaran Covid 19 dengan menghentikan aktivitas berkumpul orang dalam kelompok besar.

“RT yang belum melakukan pemilihan itu dipending sebentar dulu,” ungkap Kasubag Kewilayahan, Bagian Pemerintahan Kota Ambon, Alfian Lewenussa, kepada wartawan, Jumat (5/6).

Alfian mengatakan, pemilihan RT akan dilakukan kembali setelah kondisi kota Ambon sudah kembali normal. Dimana pihaknya akan menyampaikan pemberitahuan jika telah diizinkan. “Nanti ada pemberitahuan selanjutnya,” tuturnya.

Menurutnya, ada kelurahan yang telah melaksanakan proses pemilihan RT, namun ada yang harus dihentikan sementara karena kondisi saat ini yang belum memungkinkan.

Bahkan dari laporan yang masuk, sambungnya, hanya Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe saja yang baru melaksanakan pemilihan tersebut.

“Kita juga belum terima laporan , hanya Kelurahan Kudamati saja yang sudah. Lalu sebagian yang belum untuk sementara ditunda. Aturan sebenarnyakan kita sudah arahkan karena surat (pemilihan RT) dari sini belum ada. Sehingga menimbulkan pertanyaan dari beberapa lurah terkait RT yang sudah lakukan pemilihan,” terangnya.

“Kami juga katakan, kalau sudah ada yang terlanjur lakukan pemilihan hasilnya itu direkap saja. Yang belum dipending sebentar,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, untuk kelurahan yang belum melakukan pemilihan RT, lurahnya akan memberikan surat tugas bagi RT lama yang telah habis masa jabatan untuk sementara menjalankan tugas sampai ada pemilihan RT kembali.

” Tapi yang sudah terpilih, tidak mungkin dilantik karena kondisi. Kita sampaikan saja yang sudah di SK itu saja, nanti sisa yang belum di SK kan atau belum pemilihan menyusul karena kondisi Covid-19,” tukasnya. (DHT)

Comment