by

Pemuda Urimessing Diancam 7 Tahun Penjara

Ambon, BKA- Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku, menuntut Mohammad Zikra Ibrahim alias Jikra (24), warga Air mata Cina, Kelurahan Urimessing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, dengan pidana penjara selama 7 Tahun atas tindak pidana penyalahgunaan narkotika, dalam sidang yang berlangsung, Jumat (10/7).

Menurut JPU, terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 111 ayat (1) UU nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Meminta kepada majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini supaya memvonis terdakwa dengan pidana penjara selama tujuh tahun, dikurangi selama terdakwa berada dalam masa tahanan,”ungkap JPU Augustina Isabella dalam amar tuntutan yang dibacakan dalam persidangan yang di pimpin Feliks R. Wuisan Sc, sedangkan terdakwa didampingi kuasa hukumnya, Peny Tupan.

Yang memberatkan, perbuatan terdakwa melanggar UU, sedangkan yang meringankan terdakwa berlaku sopan di persidangan dan mengakui perbuatannya.

JPU dalam berkas dakwaanya menguraikan, tindak pidana yang dilakukan terdakwa terjadi, saat anggota BNNP Maluku mendapat informasi dari informan di kantor Bea Cukai kalau ada paket tembakau sintetis yang di kirim ke Ambon.

Selanjutnya pada 13 Februari 2020, saksi bersama tim BNNP Maluku melakukan pemantaun didepan kantor Tiki atau tempat pengiriman barang.

Selanjutnya mereka melihat t terdakwa datang ke kantor TIKI untuk mengambil paketan barang itu, pada saat keluar terdakwa langsung ditangkap petugas. Selanjutnya terdakwa dan barang buktinya satu paket tembakau sintetis dibawa ke kantor BNNP Maluku untuk diproses hukum.
Setelah mendengarkan tuntutan JPU, hakim menunda sidang hingga pekan depan untuk agenda pledoi kuasa hukum terdakwa. (SAD)

Comment