by

Pemuda Urimessing Terancam Tujuh Tahun Bui

Ambon, BKA- Mohammad Zikra Ibrahim alias Jikra pemuda yang bermukim di kawasan Air Mata Cina RT 004/RW.002, Kelurahan Urimessing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon terancam penjara selama tujuh tahun dipersidangan yang digelar secara Teleconference, Selasa (7/7).

Didalam amar tuntutan JPU, pria 24 Tahun ini terbukti bersalah melakukan tindak pidana narkotika sebagaimana diatur dalam pasal 111 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Selain pidana badan, terdakwa juga dibebankan membayar denda sebesar Rp. 1 miliar, jika denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana subsider enam bulan kurungan.

“Yang memberatkan, perbuatan terdakwa melanggar UU, sedangkan yang meringankan terdakwa berlaku sopan dipersidangan dan mengakui perbuatannya,” ujar JPU, Kejati Maluku, Augustina Issabella dalam amar tuntutannya yang dibacakan di persidangan masing-masing
JPU dan Majelis serta Penasehat hukum terdakwa di Pengadilan Negeri Ambon, sedangkan terdakwa bersidang di Rutan Kelas II A Ambon.

Didalam amar tuntutan JPU, menguraikan, tindak pidana yang dilakukan terdakwa terjadi 15 Februari 2020, sekitar pukul 11.30 WIT, saat itu terdakwa yang akan bergerak menuju tempat TIKI untuk mengambil paket tembakau sintetis, saat itu terdakwa tidak tahu, kalau gerak gerik terdakwa sudah diketahui petugas BNNP Maluku. Selanjutnya terdakwa sudah di TKP, terdakwa kemudian diamankan waktu keluar dari kantor TIKI tersebut.

Atas perbuatan terdakwa, petugas BNNP Maluku mendapat barang bukti satu paket tembakau sintetis. Setelah mendapat barang bukti tersebut, petugas langsung menggerebek terdakwa ke kantor BNNP Maluku untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Setelah mendengarkan tuntutan JPU, ketua majelis hakim, Jenny Tulak Cs, menunda sidang hingga pekan depan untuk agenda pledoi dari penasehat hukum terdakwa, Ronald Salawane. (SAD)

Comment