by

Penerbangan Reguler Masih Dibatasi

Ambon, BKA- Mengacu pada edaran Peraturan Menteri (Permen) yang diperpanjang dengan Keputusan Menteri (KM) nomor 116 tahun 2020 di tengah Pandemi Covid-19, maka sistim pelayanan penerbangan reguler masih dibatasi.

Hal ini ditegaskan, Senior Manager PT Angkasa Pura II Bandara Pattimura Ambon, Randy N, kepada wartawan usai menghadiri rapat kerja dengan Tim Pengawasan Covid-19 DPRD Maluku, di gedung DPRD Maluku, Karpan Ambon, Rabu (3/6).

“Sesuai edaran PM 25 yang diperpanjang dengan KM 116 sampai tanggal 7 Juni 2020, sehingga untuk penerbangan saat ini, bandara tetap dibuka. Tapi untuk penambahan penerbangan reguler masih dibatasi dengan per bisnis saja,” ungkap Randy.

Menurutnya, pembatasan yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang disertai dengan surat keterangan hasil rapid tes yang masih berlaku, yakni tiga hari setelah dikeluarkan hasil rapid tes.

Khusus penerbangan di Bandara Pattimura Ambon, kata, Randy, untuk penerbangan reguler saat ini belum ada. Meskipun ada penerbangan hanya satu kali dalam sepetang dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia Air Lines.

“Memang kalau Selasa kemarin, ada penerbangan Lion Air tujuan Makassar dengan satu fligh saja. Nanti tunggu satu petang lagi,” ujarnya.

Dikatakan, untuk jalur penerbangan antara Kabupaten/Kota di Maluku juga belum bisa beroperasi melayani masyarakat. Sedangkan untuk penumpang yang melakukan penerbangan antara provinsi, masih menggunakan protokoler kesehatan dengan ketentuan 50 persen. “Kalau kemarin Lion 100 penumpang dan Garuda juga 100 penumpang,” tutup dia. (RHM)

Comment