by

Pengendara Makin Sadar Tertib Parkir

Ambon, BKA- Lewat teguran hingga sanksi yang diterapkan,. masyarakat Kota Ambon dinilai semakin sadar untuk tertib parkir. Salah satunya, tidak lagi melakukan parkir nginap pada badan jalan sesuai aturan yang ditetapkan lewat peraturan daerah (Perda) Kota Ambon.

Dimana penggembokan kendaraan parkir nginap yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon sebelumnya, sudah mulai berkurang.

Kabid Lalulintas dan Angkutan Jalan, Corneles Patiwaelapia, mengatakan, pihaknya hanya mendapatkan dua atau tiga kendaraan yang masih menggunakan badan jalan untuk parkir inap.

Itupun, sebut dia, kendaraan tersebut tidak parkir sampai malam hari. Tetapi, bersifat isedentil atau keadaan tertentu, sehingga harus diparkir. Tetapi, ketika diberikan teguran, kendaraan tersebut langsung dipindahkan

“Sebelumnya itu, di jalan Diponerogo. Sekarang kita sudah sulit menemukan kendaraan di ruas-ruas jalan,” beber Corneles, kepada Koran ini, di Balai Kota, Jumat (4/9).

Dijelaskan, Dishub ketika melakukan penggembokan, tidak asal-asalan, tetapi menegur terlebih dahulu. Setelah itu, baru diterbitkan, kalau masih keras kepala dan parkir pada badan jalan.

“Sebelum menindak, kita sosialisasikan dulu. Mungkin kalau orang baru kan, mereka belum tahu. Jadi sosialisasi baru pendidikan, ” tukasnya.

Sementara itu, terang dia, prosedur penyelesaian bagi kendaraan yang kena gembok, bisa langsung membayar di Bank. Setelah itu, berurusan dengan pihak Dishub di Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD).

“Ada kita punya tenaga bantu di SKRD. Jadi, disitu mereka masukan dia punya STNK, KTP dan tunjukkan bukti bayar di Bank. Nah disitu baru kendaraan dibuka,” tutup Corneles. (BKA-1)

Comment