by

Penghargaan KDI 2020, Jadi Motivasi Noach

Ambon, BKA- Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Thomas Noach, menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) tahun 2020, kategori tata kelola pemerintahan.

Penyerahan penghargaan tersebut dilangsungkan secara virtual oleh Koran Sindo dan Sindonews, dengan tema “Bangkit Dari Pandemi”, 26 Agustus, pekan kemarin.

Usai menerima penghargaan itu, Bupati Noach, mengatakan, penghargaan yang diterima itu diraih bukan berdasarkan prestasi pribadinya, melainkan karena didukung oleh semua jajaran Pemerintah Kabupaten MBD dan masyarakat.

Karena itu, dia berharap, penghargaan yang diterima tersebut dapat dijadikan motivasi, untuk terus melakukan yang terbaik bagi perkembangan daerah.

“Semoga penghargaan ini memberikan motivasi bagi kami semua selaku seluruh kepala daerah, terutama seluruh lapisan masyarakat di MBD, agar selalu waspada serta siap siaga menghadapi Covid-19,” ungkapnya.

Selain berkat tata kelola pemerintahan yang baik, prestasi KDI itu juga diberikan lantaran kabupaten bertajuk Kalwedo ini, tinggkat kewaspadaan terhadap Covid-19 meningkat.

Hal itu terbukti, MBD sudah kembali berstatus zona hijau. Menurut Noach, semua itu dapat diatasi, karena juga mendapat dukungan dan kerjsama dari semua elemen masyarakat.

“Sampai hari ini, status MBD berada dalam zona hijau. Kita berdoa, semoga Tuhan tetap menjaga kita semua, baik MBD maupun seluruh masyarakat Indonesia. Supaya kita bisa luput dari mara bahaya ini. Jadi, selain kita berdoa, semua pihak harus tetap waspada dan berani dalam melawan pandemi Covid-19, lewat kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” ingatnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB), Tjahjo Kumolo, yangh turut hadir pada acara penyerahan penghargaan KDI 2020 secra virtual itu mengatakan, penghargaan yang diterima itu hendaknya dijadikan sebagai perangsang untuk pertahankan prestasi.

Selain itu, kepada kepala daerah lain yang belum mendapat penghargaan tersebut agar terus berinovasi untuk percepatan pembangunan di daerahnya masing-masing.

“Itu penting untuk diperhatikan, bahwa apa yang didapatkan hari ini sebagai alat untuk merangsang kita untuk terus mempertahankan predikat baik. Sebisa mungkin juga, prestasi ini sebagai motivasi bagi kepala daerah lainnya untuk mempercepat upaya-upaya pembangunan di daerah,” tandas Kumolo.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan pada Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni, mengatakan, penghargaan KDI yang diterima oleh kepala daerah saat ini sebagai bukti adanya suatu hubungan yang harmonis dan sinergis antara pemerintah dengan pers.
Selain sebagai alat kontrol, pers juga harus objektif kepada kepala daerah, baik dalam pemberitaan yang postif maupun dalam memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih.

“Dalam situasi pandemi Covid 19, kepala daerah diharapkan serius dalam menangani Covid-19 dan pemulihan ekonomi secara tepat. Inovasi daerah pada hakekatnya ditujukan untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah dan pelayanan publik secara optimal, untuk kesejahteraan masyarakat. Karena itu, hubungan kerjasama dengan semua pihak, khusus insan pers sangat penting,” pungkasnya. (LAM)

Comment