by

Pengumuman Kenaikan Kelas Berjalan Lancar

Ambon, BKA- Meskipun Covid-19 kian menyebar secara luas, proses pengumuman kenaikan kelas untuk tingkat SD tetap berjalan sesuai kalender akademik. Bahkan semua prosesnya berjalan lancar menggunakan sistem online.

“Alhamdulilah, hari ini (Sabtu, pekan kemarin-) pengumuman kenaikan kelas di SD Negeri 50 berjalan lancar,” kata Kepala SD Negeri 50 Ambon, Un Salong, Sabtu (20/6).

Dia mengatakan, meskipun dilakukan secara online. Namun semua proses yang dilakukan itu menggunakan protokoler kesehatan, guna memastikan pengumuman hasil evaluasi belajar selama satu tahun ajaran ini berjalan lancar tanpa Covid-19.

“Karena memang orangtua mengikuti secara online. Tapi para guru tetap berada di sekolah. Sehingga harus tetap patuhi protokoler. Jaga jarak, pakai masker, dan tidak boleh bersalaman atau kontak fisik. Mencegah penyebaran virus,” ujarnya.

Pengumuman kenaikan kelas yang dilakukan di SD itu, diumumkan langsung oleh masing-masing guru wali kelas kepada orang tua melalui aplikasi online.

Bukan hanya mengumumkan, apakah siswa naik kelas atau tidak, namun para wali kelas juga memberikan informasi tentang perkembangan belajar siswa selama ini.

“Pembagian raport ini sebenarnya menjadi tolak ukur bagi sekolah, terutama guru kelas untuk mengukur sejauh mana keberhasilan guru. Selain itu moment ini juga merupakan bentuk silaturahmi antara pihak sekolah dengan para orangtua siswa. Tapi semuanya berubah. Covid-19 ini membuat semua aktivitas diharuskan berjalan secara online,” ulasnya.

Meskipun demikian, kata Salong, semua yang terjadi, perlu di syukuri sebagai sebuah tantangan untuk semakin berkembang jauh lebih baik dikemudian hari.

“Kita bersyukur, karena di tengah wabah ini, pelaksanaan pembagian hasil belajar kali ini berjalan dengan lancar, tertib, dan aman. Dan karena itu, siswa diliburkan dari tanggal 21 Juni sampai 12 Juli. Semoga kita diberikan kesehatan selalu hingga masuk tahun ajaran 2020/2021 mendatang,” tandas Salong. (LAM)

Comment