by

Pengunduran Diri Hanafi Rais Diklaim Akan Pukul Telak PAN

Jakarta, BKA- Politikus Muhammad Asri Anas menyatakan Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) masih berharap kadernya Hanafi Rais batal meninggalkan partai berlambang matahari terbit itu.

Sebelumnya, Hanafi, yang merupakan putra dari politikus senior Amien rais, menyatakan mundur dari kursi kepengurusan DPP PAN 2020-2025, Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI 2019-2024.

“Saya tahu benar DPP PAN berharap Hanafi jangan mundur karena itu akan memukul telak PAN.” kata Asri, Rabu (6/5).

Dia, yang sebelumnya menjabat Ketua DPW PAN Sulawesi Barat, menerangkan bahwa Hanafi sebagai representasi dari salah satu pendiri PAN Amien Rais merupakan sosok yang sangat dibutuhkan oleh PAN.

Menurutnya, hal itu terjadi karena tidak ada satu tokoh pun di PAN saat ini yang memiliki pendukung fanatik seperti Amien Rais, termasuk Ketua Umum PAN saat ini Zulkifli Hasan alias Zulhas.

Bahkan, dia menyatakan bahwa 3 persen dari 7 persen total suara yang diperoleh PAN di Pemilu 2019 dihasilkan karena ketokohan Amien Rais.

“Kalau bicara riil, siapa tokoh PAN yang punya pendukung fanatik? Kalau Pak Zul (Zulhas) siapa pendukung fanatiknya, paling hanya di daerah pemilihannya, tapi kalau Pak Amien punya histori sejarah dan lain-lain,” ungkap Asri.

“Tentu Zulhas sangat berharap pada Hanafi, sosok yang sangat merepresentasikan semangat Amien di Hanafi. baik dari intelektualitas, sikap politik, ketenangan, dan sebagainya itu Hanafi,” imbuhnya.

Lebih jauh, Asri mengungkakan bahwa surat pengunduran dirinya dan Hanafi sudah diterima oleh Zulhas pada Selasa (5/5).

Ia juga mengaku telah berpamitan dan menyampaikan permohonan maaf kepada Zulhas dan Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno dengan mengirimkan pesan lewat aplikasi WhatsApp.

“Saya juga kemarin mundur dan saya antar ke sana sudah diterima Zulhas, saya WhatsApp dengan Zulhas dan Sekjen mohon izin saya pamit dari partai,” tuturnya.

Sebelumnya, DPP PAN tidak akan menyatakan mengonfirmasi secara langsung ke Hanafi dalam menyikapi kabar pengunduran diri putra Amien Rais itu dari kepengurusan DPP PAN periode 2020-2025, Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI periode 2019-2024.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengklaim belum mendengar dan menerima surat pengunduran diri Hanafi. Senada, Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan belum ada surat dari Hanafi.

“Tidak ada surat seperti itu di DPP PAN,” aku Yoga, Selasa (5/5).
Pihaknya pun tidak berupaya melakukan langkah apapun dalam menyikapi kabar pengunduran diri itu. “Tidak ada langkah apa-apa,” ucapnya.

Diketahui, perolehan suara PAN pada Pemilu 2019 mencapai 9.572.623 suara atau 6,84 persen. Meski masih berada di peringkat delapan, raihan ini menurun dari pemilu 2014 dengan 9.481.621 suara (7,59 persen). (INT)

Comment