by

Pengurusan Anminduk, Wajib Sertakan Email

Ambon, BKA- Setiap masyarakat yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan (andminduk) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, diwajibkan menyertakan email. Sebab, berkas yang telah selesai dikerjakan akan dikonfirmasi melalui email tersebut.

“Pelayanan wajib menuliskan emailnya, sehingga sudah selesai maka akan ada pemberitahuan di emailnya,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Ambon, Selly Haurissa, kepada wartawan di Ambon, Selasa (23/6).

Menurutnya, dengan menyertakan email atau surat elektronik, masyarakat maupun pihaknya akan sama-sama terbantu. Sehingga masyarakat tidak perlu datang untuk mengecek di kantor saat berkasnya belum siap.

Sementara untuk masyarakat yang tidak memiliki email, maka bisa diberitahukan lewat nomor kontak yang sudah ditempelkan pada depan kantor. “Kalau email tidak ada, bisa ada nomor handphone lain,” ujarnya.

Selain itu masyarakat yang sudah melakukan perekaman namun belum memiliki elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), harus dicek kembali. Karena pihaknya telah menyiapkan KTP yang berstatus print ready record (PRR) dan langsung dapat diambil.

Dan direncanakan akan dilakukan pembagian kepada pihak RT, dengan menempelkan nama-nama yang telah ada sesuai dengan hasil printnya.
“Karena kita sudah print semua yang sudah berstatus PRR, langsung ambil. Rencananya kita mau bagi ke RT-RT cuma kondisi. Tapi nanti kita tempel nama-nama supaya mereka ambil,” imbuh Haurissa.

Dituturkan, untuk pelayanan pada kantornya, diterapkan sistem shift. Artinya untuk hari Senin, Selasa dan Kamis berkas dikerjakan. Kemudian hari Rabu dan Jumat berkas diambil. “Kita pelayanan dibuka dari jam 10.00 WIT sampai dengan 14.00 WIT,” imbaunya. (DHT)

Comment